Bagaimana Cara Membedakan Suku Baduy Dalam & Luar?

Pernahkah Anda mendengar mengenai Suku Baduy? Suku yang bermukim di Jawa Barat ini memang merupakan salah satu suku yang cukup terkenal. Mereka terkenal karena memang cukup memiliki kontroversi yaitu suku yang cukup tertutup dengan dunia luar dan masih sangat jauh sekali dari teknologi. Miris memang mendengar hal ini di tengah perkembangan jaman yang sudah semakin maju dan sudah ada banyak orang yang sukses dan berhubungan dengan teknologi.

Jika mendengar mengenai suku ini bisa saja yang ada di otak kita adalah mengenai tertutupnya suku ini. Ternyata Suku Baduy terbagi menjadi 2 bagian yang memiliki perbedaan satu sama lain. Suku ini dibagi dalam Suku Baduy Dalam dan Suku Baduy Luar. Keduanya sama – sama tinggal di daerah Jawa Barat.

Suku Baduy Dalam

Memang belum banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya suku ini terdapat suku bagian dalam yang mereka sebagian besar bermukim di daerah Kanekes tepatnya berada di kaki pegunungan Kendeng. Suku ini sering juga disebut sebagai Urang Kanekes karena memang wilayah tinggal mereka yang sering disebut sebagai wilayah Kanekes. Selain itu ada juga daerah Cikeusik, Cibeo dan Cikertawana yang merupakan wilayah atau desa utama tempat tinggal suku ini. Sementara itu untuk bahasa sehari – hari mereka menggunakan Bahasa Sunda yang juga menggunakan dialek Banten.

Terlepas dari ciri yang mereka miliki, mereka juga memiliki beberapa peraturan adat yang tidak bisa dilanggar. Berikut ini adalah beberapa peraturan yang cukup umum antara lain:

1. Tidak boleh menggunakan kendaraan.
2. Tidak boleh menggunakan peralatan elektronik.
3. Tidak diperbolehkan menggunakan alas kaki.
4. Pintu rumah yang harus menghadap ke selatan.

Suku Baduy Luar

Belum banyak informasi mengenai suku yang satu ini, tapi satu yang pasti bahwa suku ini tidak berbeda jauh dengan suku Baduy dalam. Hanya saja memang suku ini terkenal lebih modern dan juga sudah mau menerima teknologi salah satunya adalah karena mereka sudah mengenal mengenai adanya televisi. Selain itu ada juga dari mereka yang menerima orang luar yang berkunjung dan bahkan menerima mereka di rumahnya.

Perbedaan Baduy Dalam dan Luar

Mungkin belum banyak orang yang tahu mengenai perbedaannya. Pada dasarnya perbedaan ini terdapat pada ikat kepala yang mereka gunakan. Hanya dengan melihat ikat kepala mereka kita sudah bisa tahu apakah mereka Baduy dalam atau Baduy luar. Jika melihat yang menggunakan ikat kepala berwarna putih itu artinya mereka adalah suku Baduy dalam. Sementara untuk suku Baduy luar menggunakan ikat kepala berwarna biru yang sudah ada motif batiknya.

Hal ini memang sangat fundamental sekali sehingga tidak boleh dilanggar. Konon katanya jika ada yang melanggar misalkan suku Baduy luar menggunakan ikat kepala Baduy dalam bisa terjadi bencana atau bisa terjadi kualat. Biasanya perbedaan lain yang bisa dilihat adalah mereka Baduy luar cenderung menggunakan pakaian berwarna hitam. Tetapi Baduy dalam juga bisa menggunakan pakaian ini.

Memang dalam melakukan beberapa hal ini kita bisa bingung mengapa bisa terbagi menjadi dua, namun ini yang akan menjadi sebuah keunikan di Indonesia. Hal ini juga banyak dibahas dalam beberapa diskusi antara beberapa tokoh seperti sosiolog dan juga budayawan. Tidak lupa juga turut mengundang mereka yang merupakan perwakilan dari suku Baduy untuk bisa memaparkan gambaran yang terjadi pada daerahnya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.