Spot Snorkeling Terbaik yang Bisa Kamu Kunjungi di Jawa Timur

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki magnet tersendiri bagi wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara. Tak hanya memiliki jumlah penduduk terbanyak setelah DKI Jakarta, namun provinsi ini juga memiliki sejumlah destinasi wisata yang patut dikunjungi ketika berkunjung kesini. Mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata air, hingga spot – spot snorkeling bisa kamu temukan di Jawa Timur ini. Nah, untuk kamu pecinta keindahan bawah laut, Jawa Timur juga memiliki spot snorkeling terbaik yang bisa kamu kunjungi. Simak yuk ulasan berikut ini.

1. Pantai Bangsring

Pantai Bangsring merupakan salah sau spot terbaik yang ada di Jawa Timur, lokasinya berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi atau berada sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi. Di pantai ini berbagai macam keindahan laut akan disuguhkan apalagi untuk kamu pecinta snorkeling maka akan disuguhkan dengan kuatnya arus selat Bali, eksotisme terumbu karang serta hawa dingin yang menyejukkan. Berbeda dengan tempat lain, pantai ini memiliki laut dangkal yang akan memberikan sensasi tersendiri saat bersnorkeling di Pantai Bangsring.

2. Pulau Tabuhan

Spot snorkeling selanjutnya ada di Pulau Tabuhan yang lokasinya tidak terlalu jauh dengan Pantai Bnagsring. Lokasinya berada di Desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Pulau ini hanya memiliki luas sekitar 5 hektar dan letaknya berada sekitar 20 km daru pusat Kota Banyuwangi. Pulau ini diberi nama Tabuhan karena angin yang ada di kawasan ini berhembus cukup kencang sehingga terdengar di telinga seperti tetabuhan musik. Keindahan alamnya pun sangat mempesona mulai dari pasir putih dan birunya air laut yang membuat kamu terpukau. Apalagi jika sore menjelang kamu dapat melihat matahari terbenam dan matahari terbit di waktu pagi. Keindahan bawah lautnya pun tak kalah indahnya dengan destinasi wisata pulau lainnya yaitu kamu dapat melihat biota laut dengan mata telanjang karena jernih dan beningnya air laut.

3. Teluk Kletekan

Surga snorkeling yang bisa kamu temukan di Malang yaitu berada di kawasan Dampit bernama Teluk Kletekan. Di Teluk Kletekan ini kamu akan menemui perairan yang menyimpan keindahan biota laut yang menawan, jadi sangat cocok dijadikan sebagai spot snorkeling. Teluk Kletekan memiliki air yang cukup tenang dan sangat berbeda dengan pesisir pantai di Malang Selatan yang dominan memiliki ombak yang besar dan ganas. Nah, jika kamu ingin berkunjung ke lokasi ini disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua karena akses jalan yang cukup ekstrim sehingga tidak memungkinkan jika kamu ingin menggunakan kendaraan roda empat.

4. Teluk Banyu Biru (Blue Bay)

Teluk Banyu Biru atau Teluk Selanggrong, lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo yang berada di Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Teluk yang satu ini memiliki kesamaan nama dengan Green Bay namun memiliki sedikit perbedaan dengan Green Bay yaitu Green Bay memiliki keindahan pasir putih dan warna air lautnya yang kehijauan kalau Blue Bay memiliki keindahan bawah laut yang sangat indah. Tak hanya menyuguhkan keindahan bawah lautnya saja, namun keindahan alam lainnya yang bisa kamu lihat di lokasi ini adalah sunrise – nya yang sangat mengagumkan. Karena lokasinya yang cukup tersembunyi, untuk akses menuju kesan cukup sulit karena kamu harus menyewa perahu boat terlebih dahulu. Namun jangan khawatir, karena akses perjalanan yang sulit tersebut semua akan terbayar dengan keindahan teluk yang memiliki warna air yang bening kehijauan.

Meski Jawa Timur terkenal dengan pantai – pantai berombak ganas karena letaknya yang memang berada pada jalur pantai selatan, ternyata beberapa diantaranya ada juga yang berombak tenang dan memiliki kedalaman laut yang dangkal. Jadi, bagi kamu warga Jawa Timur kenapa harus lari jauh – jauh untuk ber – snorkeling?

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.