3 Telaga Cantik yang Berada di Ketinggian Dieng

Salah satu spot wisata favorit di Dieng selain Kompleks Percandian Arjuna dan Bukit Sikunir adalah Telaga Warna. Telaga ini memiliki keunikan tersendiri yakni warna air nya yang dapat berubah sewaktu – waktu. Namun, tahukah kamu jika di Dieng terdapat banyak telaga yang bisa kamu kunjungi dan pastinya tidak kalah cantik.  Letusan Gunung Prau Purba di Dataran Tinggi Dieng ribuan tahun silam memunculkan banyak cekungan yang kini berubah menjadi telaga. Semua telaga tersebut memiliki pemandangan yang cantik karena dikelilingi oleh kawasan pegunungan dengan pemandangan hijau di sekitarnya. Jika kamu punya cukup waktu, tak ada salahnya untuk menjelajahi semua telaga yang ada di Dieng.

Nah, berikut ada beberapa telaga lainnya di Dieng yang bisa kamu kunjungi. Diantaranya adalah:

1. Telaga Cebong

Telaga Cebong berlokasi di Desa Sembungan yang merupakan salah satu desa tertinggi di Pulau Jawa. Desa ini terletak di sebelah barat Bukit Sikunir. Jika kamu mendaki Bukit Sikunir, kamu akan melihat keindahan berupa golden sunrise di Dieng dan pemandangan cantik Telaga Cebong dari ketinggian. Telaga Cebong ini dikelilingi oleh perkebunan dan perkampungan penduduk. Biasanya telaga ini digunakan sebagai tempat singgah para wisatawan sebelum mendaki Bukit Sikunir pada keesokan harinya.

2. Telaga Merdada

Bisa dikatakan jika Telaga Merdada adalah telaga terluas yang berada di Dataran Tinggi Dieng, tepatnya di Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Banjarnegara. Seperti telaga lainnya, Telaga Merdada juga dikelilingi oleh pepohonan hijau serta perkebunan penduduk. Hanya saja telaga ini tidak memiliki sumber air alami, jadi air yang berada di telaga ini berasal dari air hujan. Maka tak heran jika volume air di telaga ini sangat bergantung pada musim berjalan.

3. Telaga Dringo

Telaga Dringo wajib banget untuk dikunjungi ketika berada di Dieng. Lokasinya berada di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Banjarnegara. Terletak di ketinggian 2.222 mdpl, menjadikan telaga ini sebagai telaga tertinggi di Dieng. Bagi kamu yang ingin camping dengan suasana yang hening, telaga ini bisa dijadikan sebagai tujuan berlibur kamu kali ini. Tidak terlalu banyak orang yang camping di tempat ini dibandingkan tempat – tempat lain di Dieng. Ada yang bilang bahwa Telaga Dringo merupakan Ranu Kumbolonya Dieng. Selain karna merupakan danau tertinggi di propinsi masing-masing, keduanya juga dikelilingi oleh bukit.

 

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.