Selain Rendang, Masih Ada Lagi Kuliner khas Minang Lainnya yang Tak Kalah Lezatnya Loh!

Rendang merupakan salah satu kuliner khas Minang yang sudah cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Citarasa nya yang khas dan lezat membuat kuliner ini pernah dinobatkan sebagai salah satu kuliner terenak di dunia oleh CNN. Makanan yang berbahan utama dari daging sapi yang diungkep, kemudian ditambahkan dengan rempah-rempah pilihan sehingga menjadikan makanan ini sangat enak dan lezat. Selain rendang, masih ada lagi kuliner khas Minang lainnya yang tak kalah lezatnya loh! Mau tahu apa saja? Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Palai Rinuak

Jika kamu berkunjung ke kawasan Danau Maninjau, tak ada salahnya untuk mencicipi kuliner khas nya yaitu Palai Rinuak. Dalam bahasa, Palai itu berarti pepes dan Rinuak adalah jenis ikan – ikan kecil yang hanya bisa di temui di Danau Maninjau. Ikan – ikan kecil tersebut memiliki bentuk yang hampir menyerupai teri Medan yang sudah dikenal oleh orang banyak. Cara penyajiannya menggunakan daun pisang dan diberi bumbu rempah serta parutan kelapa, kemudian di bungkus lalu dikukus.

2. Dendeng Batokok

Nah untuk kamu yang suka kuliner khas Minang tanpa penggunaan kuah santan yang mlekoh, Dendeng Batokok menjadi salah satu kuliner yang tepat dipilih. Bahan utamanya adalah daging sapi yang diiris tipis lalu digeprek atau dipukul karena Batokok sendiri artinya adalah dipukul. Hidangan ini paling nikmat disajikan dengan nasi aneka sayur dan juga sambal. Dijamin bikin ketagihan!

3. Gulai Gajeboh

Bahan utama yang digunakan untuk membuat Gulai Gajeboh adalah daging sapi seperti bagian punuk dengan lemak tebal yang menempel di bagian dagingnya. Untuk perbandingan antara lemak dan daging pada Gulai Gajeboh adalah 3 berbanding 1. Akan semakin nikmat dan gurih jika potongan dagingnya semakin tipis. Potongan ‘lemak berdaging’ itu disajikan dengan kuah asam padeh yang sama sekali tidak menggunakan santan. Bisa dibilang, bahan utama yang sulit didapat menjadikan gulai gajebo masuk dalam klasifikasi ‘masakan langka’.

4. Gulai Banak

Gulai Banak merupakan gulai berkuah santan yang pedas dari Minangkabau dengan menggunakan otak sapi yang dipotong – potong sebagai bahan utamanya. Pada beberapa resep, gulai ini diberi irisan daun mangkok yang banyak sehingga mempunyai cita rasa yang amat khas. Namun perlu diingat, makanan yang satu ini mengandung kadar kolestrol yang cukup tinggi.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.