Sajian Lezat khas Banjar di Rumah Makan Queen Yogyakarta

Salah satu menu sarapan yang cukup populer selain bubur ayam dan nasi uduk ialah nasi kuning. Di berbagai daerah di Indonesia memiliki varian menu nasi kuning yang berbeda – beda misalnya saja seperti nasi kuning masak habang khas Banjar. Nasi kuning ini berasal dari Banjar Kalimantan dan dari beberapa daerah di luar Kalimantan. Makanan yang satu ini juga sangat mudah di temui di Yogyakarta apalagi Yogyakarta banyak mahasiswa yang berasal dari Kalimantan. Nah, jika kamu berkunjung ke Kota Yogyakarta jangan lupa untuk berkunjung ke rumah makan yang satu ini yaitu Rumah Makan Queen “Masakan Banjar”. Rumah makan yang satu ini merupakan rumah makan yang menyediakan nasi kuning masak Habang khas Banjar.

Lokasi rumah makan ini berada di Jalan Damai No.3 Dayu, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Rumah makan ini menyediakan nasi kuning sejak pukul 06.30 jadi sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari sarapan. Uniknya lagi nasi kuning ini berbeda dengan nasi kuning lainnya, biasanya kebanyakan nasi kuning adalah laukknya yang dimasak habang /merah. Meskipun berwarna merah tetapi cita rasa yang dihasilkan tidak terlalu pedas.  Bumbu – bumbu rempah akan langsung terasa saat mencicipi aneka lauk yang dimasak habang tersebut. Lauk yang bisa dipesan pengunjung adalah telur, ayam, dan ati – ampela. Dalam setiap porsi nasi kuning pengunjung akan mendapati piring yang berisikan nasi kuning, lauk masak habang, dan srundeng.

Nasi kuning yang gurih dipadupadankan dengan lauk yang memiliki rasa sedikit pedas dan juga kaya rempah. Srundeng kelapa yang gurih dan sedikit manis menambah cita rasa kuliner makanan yang satu ini. Pengelola rumah makan tersebut menuturkan jika ia ingin menghadirkan beragam masakan dengan citarasa asli Banjar termasuk nasi kuningnya. Beberapa bumbu yang di campurkan sengaja di datangkan langsung dari Kalimantan seperti cabai kering yang menghasilkan rasa makanan yang sama persis dengan aslinya.

Tak hanya nasi kuning saja namun para pengunjung juga dapat menikmati kuliner lainnya yaitu Soto Khas Banjar dan Lontong Sayur Masak Habang. Lontong Sayur Masak Habang merupakan lontong yang disiram dengan sayur nangka yang dimasak menggunakan santan lalu kemudian ditambah lauk masak habang yang sayang jika dilewatkan. Untuk harga yang dibanderol pun cukup terjangkau yaitu mulai dari harga Rp.11 ribu hingga yang paling mahal Rp.21 ribu. Rumah Makan Queen ini buka setiap harinya dari jam 06.30 pagi hingga 06.00 sore.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.