Gudeg, Kuliner Khas Kota Jogja Kini Bisa Kamu Temukan di Rumah Makan Gudeg Jawa Bandar Lampung

Kamu pastinya tau dong salah satu kuliner khas Kota Yogyakarta yang bernama Gudeg? Kini tak hanya dapat ditemukan di Kota Yogyakarta saja namun kamu bisa menemukan kuliner yang satu ini di berbagai daerah, contohnya saja di Provinsi Bandar Lampung. Jika ingin menikmati kuliner khas Kota Jogja ini, kamu bisa datang ke Rumah Makan Gudeg Jawa yang berada di Jalan Putri Balau, Gang Mangga, Kedamaian, Bandar Lampung. Tak seperti rumah makan pada umumnya yang berada di Bandar Lampung, rumah makan yang satu ini memilih nuansa khas Jawa mulai dari kuliner yang tersaji hingga suasana rumah makannya.

Sisi tradisionalnya rumah makan ini bisa kamu lihat dari penggunaan partisi yang terbuat dari anyaman bambu yang berwarna cokelat natural. Lalu ada sebuah akuarium yang berukuran sedang diletakkan di salah satu sudut rumah makan yang berfungsi sebagai pemanis ruangan. Tak hanya itu saja, namun ada juga sebuah kendi yang terbuat dari tanah liat sebagai tempat air minum di setiap meja plastik yang menjadi tempat bersantap di rumah makan tersebut. Wadah – wadah yang digunakan untuk memajang menu pun sebagian besar adalah gerabah.

Sebelum memasuki rumah makan ini, kamu akan disambut dengan alunan tembang – tembang kenangan dan juga sambutan ramah dari pengelola rumah makan. Suasananya yang santai membuat rumah makan ini terasa nyaman dan berasa seperti di rumah sendiri. Sesuai dengan namanya, Rumah Makan Gudeg Jawa ini menyajikan menu Gudeg yang bercita rasa manis sebagai menu andalannya. Gudeg merupakan kuliner khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak hingga berubah menjadi warna cokelat pekat saat sudah matang. Sebagai pelengkap, biasanya ditambahkan dengan sambal goreng krecek yang terbuat dari kerupuk kulit sapi yang dimasak dengan menggunakan beragam bumbu rempah sehingga tekstur yang dihasilkan menjadi lunak dengan kuah pedas gurih. Untuk lauk pendamping lainnya kamu bisa memilih tempe bacem, telur bacem, dan ayam.

Mengingat sistemnya prasmanan maka para pengunjung yang datang ke Rumah Makan Gudeg Jawa dipersilahkan untuk mengambil dan meracik sendiri gudegnya. Untuk harganya tak perlu di khawatirkan karena cukup terjangkau yaitu Rp. 10 ribu saja maka kamu sudah dapat menikmati seporsi gudeg dengan porsi lengkap. Untuk minuman kamu bisa memilih teh manis hangat yang dibanderol seharga Rp 3 ribu per gelasnya. Tidak hanya gudeg saja yang disediakan di Rumah Makan Gudeg Jawa ini, namun ada beberapa pilihan menu yang bisa kamu coba seperti ikan bakar, pepes, dan aneka sayur. Lokasi Rumah Makan Gudeg Jawa ini tidak terlalu sulit karena berdekatan dengan Chandra Supermarket Kedamaian. Tepatnya di seberang supermarket ini terdapat sebuah gang yakni Gang Mangga. Setelah masuk ke Gang Mangga, pada jarak sekitar 10 meter, kamu akan menemukan Rumah Makan Gudeg Jawa di sebelah kanan jalan. Ada papan nama di depan gang yang akan membantu menunjukkan lokasi rumah makan ini. Rumah Makan Gudeg Jawa juga menyediakan layanan pesan antar melalui telepon 0852 796 25 885 atau 0721 259 153 serta ojekuliner.com.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.