Rencana Festival Besar Sepanjang Tahun 2016 di Gorontalo

Gorontalo menjadi salah satu daerah di Indonesia yang cukup terkenal akan ragam obyek wisata yang menarik. Menyuguhkan panorama alam yang indah dengan segala kebudayaan masyarakat setempat mampu menarik minat wisatawan asing. Keindahan panorama ini kemudian membuat Gorontalo mendapatkan julukan sebagai “The Hidden of Paradise”. Berkunjung ke Gorontalo ternyata tidak hanya menikmati panorama alam dan berbagai keunikan tempat wisatanya saja.

Daya Tarik Lain yang Dimiliki Gorontalo

Tahun ini Gorontalo memiliki agenda baru untuk menyelenggarakan berbagai festival besar yang menjadi daya tarik tersendiri. Adanya agenda festival ini diharapkan mampu mendongkrak lebih tinggi angka kunjungan wisatawan. Baik untuk wisatawan dari daerah lain di tanah air maupun mereka yang berkunjung dari negara lain. Festival besar ini sudah masuk ke dalam kalender Event Wonderful Gorontalo yang beberapa waktu lalu dilakukan di Jakarta. Kepala Dinas Pariwisata di Gorontalo, yakni Bapak Jamal Ngandro mengungkapkan bahwa nantinya akan ada tiga festival besar di sepanjang tahun 2016.

Setiap festival yang diadakan tersebut akan diluncurkan langsung oleh Menteri Pariwisata Indonesia yakni Bapak Arief Yahya. Selain mencanangkan rencana menggelar tiga festival besar juga akan dibuka beberapa destinasi wisata baru. Ditambah lagi dengan obyek wisata yang sudah ada dikembangkan untuk meningkatkan kenyamanan dan minat para wisatawan. Adapun daya tarik utama terletak pada tiga festival besar tersebut, yakni:

1. Festival Pesona Danau Limboto dan Otanaha,
2. Festival Pesona Boalemo, dan juga,
3. Festival Pesona Saronde.

Agenda Festival Besar di Gorontalo

Ketiga festival tersebut kemudian akan diselenggarakan pada tanggal yang berbeda untuk mengisi sepanjang tahun 2016 nanti. Adapun agenda tersebut meliputi:

1. Festival Pesona Danau Limboto,
Khusus untuk festival Pesona Danau Limboto diselenggarakan di paling awal yakni pada tanggal 28 sampai 31 Mei 2016 mendatang. Danau Limboto sendiri bagi Provinsi Gorontalo memang menjadi aset pariwisata yang sangat berharga. Bangkitnya sektor pariwisata di Gorontalo juga dipelopori oleh kunjungan wisata di danau indah ini. Keindahan danau yang sudah terkenal menjadikannya layak sebagai pembuka rangkaian festival pariwisata setahun penuh di Gorontalo. Rencananya festival ini akan dilangsungkan di kota Otanaha.

2. Festival Pesona Boalemo,
Boalemo merupakan salah satu pantai indah yang dimiliki Gorontalo sehingga masuk ke dalam rencana festival besar di tahun 2016 ini. Festival Pesona Boalemo akan diadakan pada tanggal 27 September hingga 3 Desember 2016 mendatang. Pantai Boalemo sendiri terkenal akan pemandangan pantai yang hijau dan segar karena berada di daerah perbukitan. Kemudian selain menawarkan pemandangan khas pantai wisatawan pun bisa menikmati hijaunya pepohonan yang mengelilingi Pantai Boalemo.

3. Festival Pesona Saronde,
Festival Pesona Saronde akan diselenggarakan di Kabupaten Saronde Utara, dimana Saronde sendiri merupakan pulau indah dan masuk wilayah Gorontalo. Rencananya festival di Saronde Utara akan diselenggarakan pada tanggal 1 hingga 4 September tahun ini. Daya tarik Pulau Saronde sebenarnya dari pulaunya yang tidak berpenghuni sehingga nampak sangat alami dan memikat. Melalui festival besar yang akan diselenggarakan di pulau mungil ini diharapkan mampu menggaet kunjungan wisatawan lebih banyak.

Melalui perencanaan penyelenggaraan festival beruntun di sepanjang tahun 2016 mampu meningkatkan kunjungan wisatawan. Melalui festival ini pemerintah daerah Gorontalo mendapatkan kesempatan besar untuk memperkenalkan aset pariwisata yang dimiliki. Apalagi Gorontalo kaya akan tempat wisata yang berpotensi menarik turis dan investor asing untuk singgah.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.