Uji Adrenalinmu Yuk di Beberapa Lokasi Rafting di Kawasan Jawa Barat

Rafting bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata untuk mengisi akhir pekan kamu kali ini. Selain dapat memacu adrenalin kamu, olahraga air ini juga sangat menyenangkan karena tidak diperlukan keahlian khusus untuk mencobanya. Cukup mendengarkan arahan dari pemandu dan hanya menggunakan alat pengaman saja seperti pelampung dan lain sebagainya. Untuk kamu yang ingin menikmati olahraga air ini di Jawa Barat terdapat beberapa tempat yang bisa kamu coba untuk melakukan rafting ini. Berikut diantaranya:

1. Sungai Citatih
Sungai Citatih merupakan salah satu sungai yang berada di kawasan Sukabumi yang sangat cocok dijadikan kegiatan Rafting. Kondisi sungai yang masih bersih, asri dan dengan kondisi bebatuan yang sudah tertata rapi untuk wisata Arung Jeram. Lokasinya berada di Pelabuhan Ratu, Kecamatan Warung Kiara, Sukabumi. Untuk harga paket rafting mulai dari Rp. 270 ribu hingga Rp. 400 ribu per orangnya. Disana juga terdapat fasilitas yang cukup lengkap mulai dari penginapan, area parkir yang cukup luas, sarana outbond, sarana tempat ibadah, tempat bilas, warung makan hingga toilet bersih. Biaya tersebut, kamu dapat menikmati 25 macam jeram atau aliran air yang deras dan menurun. Jeram tersebut terdiri dari Jeram Warok, Jeram Naga, Jeram Gigi, Jeram Patah, dan Jeram Penyesalan. Jarak dan waktu tempuh berbeda – beda yaitu mulai dari 4 kilometer yang ditempuh selama 1 jam dan jarak 22 kilometer yang dapat ditempuh hingga 5 jam.

2. Sungai Citarik
Selain Sungai Citatih yang lokasinya berada di Sukabumi, ada juga Sungai Citarik yang cocok dijadikan sebagai lokasi untuk melakukan rafting. Lokasinya berada di Taman Nasional Gunung Halimun, Kecamatan Cikidang, Sukabumi. Untuk harganya mulai dari Rp. 215 ribu per orangnya dan sudah dapat menikmati jarak tempuh sepanjang 5 kilometer. Jika kamu ingin menikmati tingkatan profesional maka harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 375 ribu dengan jarak tempuh sejauh 12 kilometer.

3. Sungai Cikandang
Sungai Cikandang terletak di kaki Gunung Api Papandayan atau lebih tepatnya berada di Desa Sukamulya, Kecamatan Pakenjeng, Garut. Sungai Cikandang mengalir mulai dari kawasan pegunungan dan perkebunan teh kemudian berakhir di tepi Pantai Rancabuaya, Garut Selatan. Sungai Cikandang berjarak 36 km dari pusat Kecamatan Pakenjeng. Arus air di sungai ini cukup deras dan tinggi gelombangnya yaitu mencapai 1 hingga 3 meter. Untuk biayanya kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 480 ribu saja dan sudah bisa menikmati jarak tempuh sejauh 28 kilometer dalam waktu 4 hingga 5 jam.

4. Sungai Cimanuk
Tak hanya Sungai Cikandang saja yang bisa digunakan untuk kegiatan rafting namun Sungai Cimanuk juga bisa kamu jadikan sebagai lokasi untuk melakukan olahraga air tersebut. Sungai ini berada di Kecamatan Bayongbong dan memiliki air yang cukup tenang dan sangat cocok digunakan untuk rafting. Selain dapat memacu adrenalin kamu, sungai ini juga menawarkan keindahan alam dan menjadi daya tarik tersendiri. Untuk biayanya kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 350 ribu per orangnya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.