Pesta Durian di Desa Mantenan, Magelang

Jalan-jalan ke sebuah kawasan wisata tertentu memang tak hanya dengan tujuan menengok obyek wisata daerah mereka saja, melainkan juga mencoba paket wisata lengkap mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata belanja hingga wisata kuliner. Kuliner memang menjadi bagian yang tak boleh tertinggal, mengingat selama berada disana kebanyakan sajian yang diberikan juga khas. Mau tak mau sebagai pengunjung kamu pasti akan mencobanya. Lalu daerah mana yang menurut Anda memiliki sajian kuliner terenak, tak memungkiri bahwa hampir semua daerah memiliki makanan khas dengan cita rasa yang berbeda – beda.

Nah bagi kamu yang mengaku penggemar durian, kawasan yang patut untuk dikunjungi pada saat musim durian tiba adalah Desa Mantenan Giyanti Candimulyo, Kabupaten Magelang. Kawasan yang satu ini memiliki sebuah tradisi pesta yang memungkinkan kamu menikmati buah durian dengan sangat puas. Pada musimnya di sepanjang tempat kamu hanya akan mencium aroma durian, mengingat sebagian besar lahan masyarakat yang ada disini memang khusus untuk menanam durian. Sehingga tak heran jika kamu melewati daerahnya saja, orang-orang yang menjajakan di sepanjang jalanan sangatlah banyak, umumnya bahkan mereka membanderol durian dengan tarif yang begitu terjangkau. Pengguna jalan juga tak sungkan untuk membeli dalam jumlah banyak sebagai oleh-oleh.

Baru-baru ini tepatnya pada tanggal 20 februari 2016 kampung ini mengatasnamakan dirinya sebagai Desa Durian. Selain agar lebih mudah dikenal juga untuk menarik perhatian wisatawan luar yang memang menggemari buah dengan bau yang cukup menyengat tersebut. Memang jika melihat macam durian yang ada disini tak hanya saja, melainkan 4 macam dengan beragam cita rasa berbeda, diantaranya adalah durian candi yang paling diunggulkan karena memiliki daging tebal dan juga kualitas rasa sangat legit, ada juga durian ketan, susu dan oranye. Ragam berbeda dengan tawaran harga yang berbeda pula. Durian candi misalnya yang dibanderol dengan harga 80 hingga 100 ribuan per buahnya.

Pada saat-saat tertentu juga diadakan sebuah acara seperti pawai dengan mengarak gunungan buah durian beragam jenis ke balai desa, nantinya pengunjung dapat turut serta menikmati buah tersebut namun Anda tidak perlu khawatir karena tak dipungut biaya sepeserpun. Disini durian tak hanya dapat disantap secara langsung, melainkan dijadikan sebagai bahan untuk beragam panganan mulai dari kue, aneka isi untuk gorengan hingga lauk makan. Pastinya kamu penasaran bagaimana rasa dari buah tersebut dengan bentuk penyajian yang berbeda bukan.

Masyarakat Desa Mantenan ini memang sangat menjaga kualitas durian mereka, mulai dari penanaman pohon dan perawatannya hingga akhirnya buah yang dijual kepada konsumen terjaga dan benar-benar asli manis dari pohon tanpa tambahan apapun. Acara ini cukup ramai di datangi oleh wisatawan yang berasal dari luar daerah, mereka mengarak kurang lebih 200 buah durian beserta olahannya. Bagi yang penasaran untuk melihat, maka kamu bisa datang di tahun depan. Namun tak hanya asal arak-arakan saja, melainkan juga ada pertunjukan kesenian daerah dari desa ini.

Untuk sampai ke kawasan tersebut tak membutuhkan perjalanan yang lama, sekitar 30 menit dari pusat kota Magelang kamu bisa langsung sampai ke Desa Mantenan ini. Pulang nantinya kamu tak harus dengan tangan kosong, melainkan dapat memboyong beberapa buah durian khas kualitas super apalagi jika membeli secara langsung pada penjual tawaran harga juga jauh lebih hemat. Bawa pulang juga beberapa panganan khas dengan bahan daging durian.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.