Pesona Keindahan yang Ditawarkan Oleh City Of Music, Ambon

Kota Ambon merupakan ibukota Maluku tempat di mana banyak penyanyi bersuara emas berada. Kota yang menjuluki dirinya sebagai City of Music ini memang sangat unik, dan kamu yang berpetualang ke sana tak akan bosan dengan keindahan pantainya yang masih asri.

Akses Makin Lancar dengan Jembatan Baru

Sekarang ini, kamu yang mau berkunjung ke Kota Ambon akan semakin dimudahkan soal akses transportasinya, karena sudah diresmikannya Jembatan Merah Putih yang panjangnya 1.140 meter oleh Presiden Jokowi pada tanggal 4 April 2016 yang lalu. Dengan adanya jembatan ini, kamu tak perlu lagi mengantri terlalu lama untuk berkunjung ke Ambon begitu keluar dari Bandara Pattimura. Sebelumnya, butuh sekitar 1 jam sendiri kalau kamu mau ke bandara yang jaraknya kurang lebih 35 kilometer dari Kota Ambon ini, lantaran kamu harus mengitari Teluk Ambon. Banyak yang akhirnya lebih memilih kapal feri karena lebih cepat, meski antriannya lebih lama.

Karena adanya Jembatan Merah Putih ini, waktu perjalanan pun jadi lebih singkat, dan kamu bisa lebih nyaman menjelajah kota Ambon Manise ini.

Persiapan Ke Ambon

Untuk kamu-kamu yang ingin menjelajah Kota Ambon, persiapkan diri dulu dengan cari tahu hal-hal berikut ini:

1. Maskapai
Ada banyak maskapai besar yang menuju ke Ambon dari kota – kota seperti Jakarta dan Makassar. Kamu bisa memakai maskapai Garuda, Lion Air, Sriwijaya Air, dll. Kalau kamu pakai penerbangan perintis, kamu bahkan bisa menuju kota-kota yang kecil seperti Ternate. Maskapai Susi Air juga bisa membawamu dari Ambon menuju Banda, Pulau Buru, atau Pulau Seram.

2. Tentang Akomodasi
Cukup gampang kok menemukan hotel di Ambon yang harganya terjangkau. Kamu sebaiknya buat reservasi dulu sebelum berangkat supaya lebih praktis. Hotel di Ambon yang bagus ada Amaris yang ada di pusat kota, Swiss-Bellhotel Ambon, Manise Ambon, Amans Hotel, dll. Tarif bervariasi dari Rp300 ribuan sampai Rp2 jutaan per malam.

3. Transportasi
Kamu bisa pakai ojek, becak, angkutan umum, dan juga taksi. Atau kalau mau, kamu bisa rental mobil dengan tarif Rp500 ribu/hari.

Tempat Wisata

Begitu kamu sudah siap dengan semuanya itu, sekarang adalah saatnya melihat-lihat apa saja tempat wisata yang ada di Ambon Manise ini:

1. Wisata Alam
Pergi ke Ambon jelas nggak boleh melewatkan pantai – pantainya yang indah banget. Salah satu yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Pintu Kota di Kecamatan Nusaniwe, di mana ada karang besar berlubang yang menjorok menyerupai pintu dan tanda bagi pedagang zaman dahulu bahwa mereka sudah masuk Ambon. Selain itu, ada Pantai Natsepa di Kec. Salahutu, yang jernih berpasir putih.

2. Wisata Kuliner
Sebagai kawasan kepulauan, kamu bakal menemukan berbagai macam hidangan laut di Ambon. Cicipi ikan asar alias tongkol atau tuna yang sudah diolah, makan nasi kuning khas Ambon untuk sarapan atau makan malam, nasi kelapa, macam-macam kopi di kedai – kedai tua, dll. Kopi yang terkenal adalah Kopi Sibu-sibu, kopi robusta yang dicampur cengkeh dan rasanya sangat nikmat.

3. Wisata Sejarah
Sebagai tempat yang menjadi pusat perhatian VOC, bisa dipastikan di Ambon ada banyak tempat sejarah yang ditinggalkan Belanda. Benteng Amsterdam yang dibangun tahun 1512 di Leihutu bisa kamu datangi, demikian juga Benteng Ferangi yang menjadi pusat penyimpanan rempah-rempah bagi Portugis.

Ambon Manise adalah kawasan yang dipenuhi berbagai pesona wisata yang sangat sayang jika kamu lewatkan. Datang saja City of Music ini, dan rasakan sendiri pesonanya!

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.