Pengalaman Terbaik ke Air Terjun Kedung Pengilon

Membahas mengenai kegiatan wisata tentunya semakin banyak pilihan tempat yang bisa dijadikan tujuan liburan. Yogyakarta yang juga dikenal sebagai Kota Pelajar sejak dulu memang menjadi destinasi wisata oleh banyak wisatawan domestik maupun luar negeri. Banyak lokasi wisata di Yogyakarta yang menjadi daya tarik para wisatawan. Berkunjung ke kota budaya ini Kita tidak hanya melihat wisatawan lokal namun juga para turis di berbagai sudut kota.

Obyek Wisata Indah yang Tidak Dikenal

Fasih menjadi kota wisata, tidak membuat setiap obyek wisata dikenal luas oleh wisatawan dunia sebab banyak tempat menarik yang jarang terekspos. Misalnya saja ketika Kita datang ke kawasan Bantul, disana Kita bisa melihat air terjun yang sangat indah yang bernama Air Terjun Kedung Pengilon. Kawasan Bantul sendiri memang sudah menjadi daerah wisata terbaik di Yogyakarta dibandingkan dengan daerah lain diluar pusat kota. Disini Kita bisa bertemu dengan banyak tempat yang ternyata sayang sekali jika tidak sempat mengunjunginya.

Air terjun Kedung Pengilon terletak di Desa Bangunjiwo Kecamatan Kasihan, daerah Bantul yang lokasinya termasuk mudah dijangkau. Jika selama ini sudah hafal tempat-tempat terbaik di Yogyakarta, maka air terjun indah ini bisa dijadikan alternatif lain. Meski tidak begitu terkenal sebagaimana obyek wisata lain tempat ini tetap menyuguhkan sensasi yang berbeda bagi pengunjung.

Air terjun ini tidak begitu dikenal karena lokasinya yang memang berada di daerah pedesaan dan jauh dari kehidupan kota. Meskipun lokasinya berada cukup jauh, tapi keindahan yang diberikan nyaris sempurna khas obyek wisata alam yang asri. Lingkungan sekitar masih dalam kondisi asli berupa pahatan natural dari alam sekitar. Kondisi pedesaan terasa sangat kental dengan keberadaan lingkungan yang hijau, bersih, segar, dan tentunya menawan.

Untuk sampai ke air terjun ini Kita cukup menempuh jarak sekitar 300 meter dari lokasi pemukiman warga Desa Bangunjiwo. Ketenangan yang diberikan menjadi magnet tersendiri, sebab bisa mendengarkan gemercik air dengan jernih. Mendekati kawasan air terjun meski masih lumayan Kita sudah bisa mendengarkan suara aliran air yang jatuh dari ketinggian. Kendaraan yang dipakai bisa dititipkan di halaman rumah warga yang cukup berdekatan dengan air terjun.

Air terjun Kedung Pengilon memiliki ketinggian sekitar 10 meter, sesuai dengan namanya dari kata “Pengilon” yang artinya bercermin. Memberikan Kita panorama air terjun yang sangat jernih sehingga pantulan airnya bisa digunakan untuk bercermin. Kedalaman kolam di bawah terjunan air sekitar 15 meter dan bentuknya menyerupai danau di tengah gua. Air jernih berwarna biru kehijauan dan sangat cocok untuk menjadi lokasi berenang dan berendam. Pemandangannya semakin memukau lantaran dasar kolam yang berupa batuan alam berwarna putih.

Berdasarkan pengarahan masyarakat sekitar, air terjun Kedung Pengilon merupakan muara dari beberapa mata air di desa tersebut. Lokasinya yang tidak begitu dekat dengan pusat kehidupan warga kampung berhasil menjaga kejernihan airnya. Selain nyaman untuk kegiatan berenang, bagi yang gemar memacu adrenalin bisa meloncat dari ketinggian. Bagi yang belum mahir berenang tidak perlu khawatir sebab bisa menyewa ban yang disediakan oleh warga setempat.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan disini ialah sekedar bersantai dan menikmati keindahan alam di sekitarnya. Memiliki lokasi yang lumayan masuk dan jauh dari pemukiman membuat lingkungan sekitar sangat hijau. Pepohonan yang rindang seolah menjadi pelindung dari keindahan air terjun Kedung Pengilon ini.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.