Melihat Keeksotisan Pantai Pasir Hitam yang Ada di Indonesia

Pantai merupakan sebuah obyek wisata alam yang sangat cocok dijadikan sebagai pilihan untuk mengisi liburan akhir pekan setelah sepekan disibukkan dengan berbagai aktivitas di kantor. Namun tahukah kamu jika pantai – pantai di Indonesia memiliki banyak keunikan seperti salah satunya adalah dari warna pasirnya itu sendiri. Jika di Pulau Komodo ada Pantai Pink dan ada juga beberapa pantai di negeri ini memiliki pantai yang berpasir hitam tidak seperti pantai – pantai lainnya yang biasanya berwarna putih. Nah, berikut berbagai informasi mengenai pantai – pantai hitam yang ada di Indonesia. Diantaranya adalah:

1. Pantai Nyanyi, Bali

Pantai Nyanyi merupakan salah satu obyek wisata alam di Bali yang sangat indah. Dengan keindahan pasir hitamnya, Pantai Nyanyi mampu menarik perhatian wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara. Kerlap – kerlip pasir hitam Pantai Nyanyi di Tabanan Bali inilah yang membuat terlihat lebih berbeda dari pantai lainnya. Pantai ini berada di Kabupaten Tabanan, tepatnya di Desa Nyanyi, Kecamatan Kediri. Jika ingin berkunjung ke pantai ini maka kamu harus menempuh jarak sekitar 13 km dari Kota Tabanan dan sekitar 25 km dari Denpasar.

2. Pantai Lembeng, Bali

Bumi Dewata memang kaya akan keindahan. Karya Sang Pencipta yang mengagumkan juga ada di Pantai Lembeng ini. Gelombang air pantai bergantian menyapa pasir hitam pantai itu. Kilauan dari sinar matahari yang memantul di pantai merias keindahannya. Biasanya wisatawan berkunjung ke pantai Lembeng untuk bersantai, surfing karena ombaknya cukup tinggi, berjemur, dan menikmati senja.

3. Pantai Anoi Itam, Aceh

Pantai Anoi Itam merupakan salah satu pantai yang berada di Pulau Weh dengan memiliki keunikan tersendiri dan tidak dimiliki oleh pantai – pantai lainnya yaitu pada jenis pasir yang berwarna hitam sesuai dengan nama pantai ini. Anoi merupakan sebuah nama desa yang ada disana dan Itam memiliki arti hitam karena dimana keseluruhan pasir di kawasan pantai ini berwarna hitam. Pantai ini berjarak sekitar 13 km dari Kota Sabang, dan jika kamu ingin berkunjung ke pantai ini maka bisa menggunakan transportasi Pantai Anoi Itam yang berada di Gampong Anoi Itam, Kota Sabang, Pulau Weh. Selain menyuguhkan keindahan pasir nya yang berwarna hitam, deburan ombak dan aroma laut yang dapat memanjakan mata tak boleh dilewatkan.

4. Pantai Jonggring Saloko, Malang

Pantai Jonggring Saloko merupakan salah satu pantai perawan yang terletak di Desa Mentraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Pantai ini menyuguhkan keindahan yang tak kalah kerennya dengan pantai di Malang yang sudah populer terlebih dahulu. Sebuah pantai dengan  ciri khas ombak selatan yang sangat besar ditambah lagi dengan pasir pantai yang berwarna kehitaman sehingga menambah kesan eksotis dari pantai ini. Meskipun keindahan pantai jonggring saloko tak kalah dengan pantai lain ,suasana di pantai ini masih tergolong masih sepi akan pengunjung, mungkin dikarenakan akses masuk ke pantai ini sangatlah sulit dengan konstruksi jalan makadam bebatuan yang sangat terjal setelah melewati desa Mentraman.

5. Pantai Purwahamba Indah, Tegal

Pantai Purwahamba Indah merupakan pantai yang termasuk ke dalam sisi pantai utara atau biasa disebut dengan Pantura. Berbeda dengan pantai – pantai yang ada di selatan yang memiliki ombak yang sangat besar, namun di Pantai Purwahamba ini memiliki ombak yang sedang – sedang saja. Pantai disini menawarkan berbagai macam keindaham alam. Meskipun pasir pantainya tidak begitu putih namun berada di area pantai ini sangat menyenangkan. Wisatawan dapat merasakan indahnya laut Indonesia bagian utara pulau Jawa dengan ditemani angin pantai yang sepoi – sepoi. Wisatawan juga dapat menikmati jajanan di sekitar pantai sambil berfoto – foto sebagai kenangan masa liburan. Meskipun pasirnya berwarna hitam, namun terlihat bersih karena dijaga oleh semua pihak baik pengelola, pemerintah, dan wisatawan itu sendiri.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.