Pantai – Pantai Cantik di Pulau Rote yang Keindahannya Masih Tersembunyi

Pulau Rote tak hanya terkenal sebagai salah satu pulau paling selatan di Indonesia, namun pulau ini juga cukup terkenal dengan keindahan alamnya  berupa deretan pantai indah dengan ombak nya yang mempesona. Pulau ini berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan merupakan bagian dari Kabupaten Kupang. Bagi kamu pecinta wisata air, tak ada salahnya untuk memasukkan pulau satu ini ke dalam list travelling kamu kali ini. Mau tahu ada apa saja di Pulau Rote ini? Simak ualasannya berikut ini ya!

1. Pantai Nemberala

Pantai Nemberala disebut – sebut sebagai Pantai Kuta-nya Pulau Rote yang memiliki keindahan alam berupa pasir pantainya yang bersih dan alami serta ombaknya yang menantang sehingga sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi berselancar. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke pantai ini untuk melakukan aktivitas berselancar. Selain memiliki panorama pantai yang indah dengan ombaknya yang sangat menantang, Pantai Nemberala juga masih belum terlalu ramai. Meskipun terbilang masih sepi, namun pantai ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti beberapa pilihan penginapan, mulai dari hotel hingga homestay dengan tarif puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah per malamnya.

2. Surfing di Pantai Bo’a

Selain Pantai Namberala, ada juga Pantai Bo’a yang sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk surfing karena ombak pantainya yang menantang. Dengan 7 kali gulungan ombak dan merupakan gulungan ombak terbesar ke 2 setelah Hawai. Di pantai ini, tiap tahunnya selalu diadakan lomba selancar berstandar internasional yang selalu di ikuti oleh para penggila selancar dari seluruh dunia yang biasanya diadakan antara bulan Oktober – September. Obyek wisata ini terletak di Kecamatan Rote Barat, kira kira sekitar 7,5 km dari pusat kota.

3. Pantai Tiang Bendera

Berada di sekitar 5 km saja dari Kota Ba’a, terdapat sebuah pantai bernama cukup unik yaitu Pantai Tiang Bendera. Batu Tiang Bendera ini sebenarnya adalah gugusan pulau karang yang berjarak sekitar 500 m dari bibir Pantai Baadale. Pemberian nama Tiang Bendera dilatarbelakangi oleh peristiwa heroik perjuangan rakyat Rote mengusir penjajah Belanda. Diberi nama Pantai Tiang Bendera karena di atas bebatuan karang yang berada di tengah laut tersebut, terdapat sebuah tugu batu beton setinggi 2,5 meter yang sengaja dibangun oleh Belanda. Konon katanya, tiang tersebut sebagai penanda tanah jajahan Belanda pada zamannya. Hingga kini, batu karang tersebut menjadi ikon dari pantai ini.

4. Danau Laut Mati

Wisata Laut Mati tak hanya populer di Timur Tengah saja, namun di Indonesia pun memilikinya tepatnya di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Hanya saja yang membedakan keduanya yaitu laut mati di Yordania adalah danau dengan kadar air asin yang cukup tinggi, sehingga membuat kamu dapat terapung tanpa menggunakan pelampung dan tak ada ikan yang hidup di dalamnya.Sedangkan laut mati Indonesia yang terletak di Pulau Rote, adalah danau yang airnya cenderung payau, perpaduan antara air laut dan air tawar. Untuk mencapai ke Danau Laut Mati ini, kamu membutuhkan waktu tempuh sekitar 90 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

5. Pantai Tolanamon

Pantai Tolanamon merupakan salah satu Pantai Perawan yang terletak di Desa Inaoe, Kecamatan Rote Selatan, Kabupaten Rote Ndao. Pantai ini merupakan sebuah teluk yang menghadap ke arah Samudera Indonesia yang cukup ganas namun pengunjung tidak perlu kawatir karena posisi teluk tersebut menjorok jauh ke daratan dan diapit tebing-tebing karang yang kokoh di kedua sisinya sehingga teduh seperti kolam renang yang tenang dan bersih, aman untuk mandi dan berenang. Sepanjang bibir pantai terdapat hamparan pasir putih yang bersih dihiasi pepohonan yang rindang dan menghijau, sesekali melintas camar laut sekadar ikut memberi warna di pantai Tolanamon.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.