Pantai Benteng Goa Jepang, Keindahan Alam di Pulau Terujung Indonesia

Keindahan  alam Sabang di Pulau Weh, Aceh saat ini sudah mulai banyak dikenal oleh para wisatawan sehingga menjadi wilayah tujuan wisata pantai dan wisata laut terbaru. Selain sebagai wilayah paling barat di Indonesia Sabang kini juga menjadi tujuan impian buat banyak penyelam dan penyuka pantai. Berkunjung ke Pulau Weh jangan lupa untuk singgah di Pantai Benteng Goa Jepang. Meskipun terdengar asing di telinga, namun pantai ini menyuguhkan keindahan alam yang sangat mempesona. Terdapat sebuah bunker yang berada di puncak kawasan sehingga menyerupai bukit. Berada di lokasi yang cukup strategis membuat tempat tersebut dijadikan sebagai benteng pertahanan pejuang Aceh dalam memantau pergerakan penjajah Jepang.

Menuju ke Pantai Benteng Goa Jepang maka kamu akan melewati anak tangga yang diapit dengan dinding gua. Akar – akar pohon yang menggantung memberi celah cahaya Matahari untuk menyinari. Sesampainya di puncak, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan laut biru bertepian rumput hijau bagaikan permadani. Terdapat dua pohon rindang di atas puncak tersebut yang bisa kamu gunakan untuk berteduh. Suasananya yang menyatu dengan alam membuat pikiran dan jiwa kamu lebih menenangkan.

Menuju Lokasi

Untuk menuju ke Pantai Benteng Goa Jepang, kamu bisa berangkat dari Ibukota Provinsi Banda Aceh lalu dilanjutkan perjalanannya menggunakan Kapal Feri. Cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp. 80 ribu maka kamu sudah bisa menumpangi kapal cepat atau bisa juga menumpangi kapal lambat dengan tarif Rp. 30 ribu per orangnya. Perbedaannya hanya di waktu yaitu selisih satu jam saja namun kapal lambat memungkinkan penumpang membawa serta kendaraan dengan tambahan tarif khusus. Pelayaran dari Pelabuhan Ulee Lheu, Banda Aceh menuju Pelabuhan Balohan, Sabang memakan waktu sekitar satu hingga dua jam.

Selain menggunakan  Kapal Feri, transportasi lainnya yang bisa digunakan adalah transportasi udara sebagai salah satu alternatifnya. Jika ingin menggunakan pesawat terbang maka kamu bisa mulai penerbangan dari Bandara Kuala Namu, Medan dan mendarat langsung ke Bandara Maimun Saleh, Sabang. Dari bandara, perjalanan dilanjutkan menuju pusat kota dengan jarak lokasi Pantai Benteng Goa Jepang yang hanya terpaut sekitar 15 menit saja. Untuk transportasi darat, bisa menyewa jasa rental kendaraan roda dua atau roda empat. Jika memilih tidak menginap, maka angkot atau becak siap mengantarkan kamu keliling Pulau Weh nan cantik.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.