Berkunjung ke Tanah Lot – nya Malang Selatan Yuk di Pantai Balekambang

Pantai Balekambang yang terletak di Kabupaten Malang merupakan sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia. Pantai ini merupakan salah satu wisata andalan Kabupaten Malang sejak tahun 1985 hingga saat ini. Daya tarik utama dari Pantai Balekambang adalah panorama alam yang sangat mempesona serta memiliki ombak yang mencapai hingga 2 meter. Keindahan pasir pantainya yang luas dan mempesona sering digunakan oleh tim sepak bola Malang untuk berlatih.

Yang menarik di Pantai Balekambang

Selain keindahan alamnya yang sangat mempesona, di pantai tersebut juga terdapat tiga buah pulau kecil yang diberi nama dengan tokoh – toko pewayangan seperti Pulau Anoman, Pulau Wisanggeni, dan Pulau Ismoyo. Diantara ketiga pulau tersebut, yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Pulau Ismoyo. Pulau Ismoyo sering dikunjungi oleh wisatawan karena di pulau tersebut terdapat sebuah pura yang bernama Amerta Jati yang dimana konsep bangunannya sama seperti pura yang ada di Tanah Lot, Bali. Pura ini juga sering digunakan oleh umat Hindu untuk melangsungkan upacara adat yang dikenal dengan ritual Jalan Dhipuja. Biasanya ritual ini di gelar selama tiga hari sebelum Hari Raya Nyepi. Dan puncak dari ritual ini adalah menghanyutkan sesaji ke laut lepas sebagai tanda syukur dan tolak bala. Pulau Ismoyo dapat di jangkau dengan menapaki jembatan sekitar 100 meter dari Pantai Balekambang.

Letak Pantai Balekambang

Pantai Balekambang berada di Desa Srigoco, Kecamatan Bantur, Malang, Jawa Timur atau sekitar 70 KM dari arah selatan Kota Malang. Di sepanjang pantai tersebut terdapat bebatuan karang yang membentang sehingga menambah keindahan dari pantai tersebut apalagi jika pantai mulai surut akan terlihat ikan – ikan cantik yang berenang dan aneka terumbu karang di atas pasir yang putih.

Fasilitas yang ada di Pantai Balekambang

Meskipun lokasi Pantai Balekambang terbilang masih terpencil namun fasilitas yang ada di pantai tersebut sudah cukup lengkap dan bisa digunakan oleh para pengunjungnya. Fasilitas – fasilitas tersebut mulai dari warug – warung kecil, restoran, penjual souvenir, toilet umum hingga penginapan sederhana pun terdapat disana. Selain itu juga, Pantai Balekambang juga dilengkapi dengan berbagai wahana permainan seperti flying fox yang dimana kamu dapat menikmati pesona pantai dari atas saat meluncur ke bawah. Wahana permainan tersebut hanya disediakan pada hari Sabtu dan Minggu saja.

Akses dan Transportasi ke Pantai Balekambang

Akses menuju Pantai Balekambang pun terbilang tidak terlalu sulit, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan angkutan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, rute menuju Pantai Balekambang tidak terlalu sulit yaitu jika dari arah Surabaya kamu bisa langsung menuju Kota Malang dengan masuk jalur ke arah Kecamatan Kepanjen. Setelah itu kamu akan melewati Kecamatan Bontur dan bertemu dengan Desa Gondang dan Desa Srigonco.  Setelah itu akan segera sampai dengan melalui jalan berkelok serta naik turun terlebih dahulu. Untuk perjalanan dari Surabaya membutuhkan waktu kira – kira 5 hingga 6 jam tergantung kondisi lalu lintas. Sepanjang perjalanan dari Desa Srigonco, kamu akan disuguhkan pemandangan pohon – pohon jati dan udara yang sangat segar.

Harga tiket Pantai Balekambang

Untuk tiket retribusi, di kenakan biaya sebesar Rp. 15.000,- per orang. Biaya ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan. Pun jajanan di sekitar pantai juga cukup murah dan tidak membuat dompet kamu kempes.

Bagaimana? Berminat mengunjungi pantai dengan nuansa Bali ini? Atau ingin melihat ikan-ikan laut mengelilingi kakimu? Yuk ke Pantai Belakambang! Jangan lupa ajak kerabat dan keluarga biar makin lebih ramai!

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.