Oleh – Oleh Khas Batam

Batam merupakan kota yang sangat strategis untuk berbisnis dan membuka usaha di sana, karena kota Batam merupakan jalur pelayaran Internasional, tidak hanya itu Batam juga merupakan perbatasan antara Indonesia dengan Singapura dan juga Malaysia. Wilayah Kota Batam terdiri dari Pulau Batam, Pulau Rempang, Pulau Galang dan pulau – pulau kecil lainnya yang berada di kawasan Selat Singapura dan Selat Malaka. Tak jarang wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara memilih Kota Batam sebagai lokasi wisata saat akhir pekan atau hari libur tiba. Nah, berkunjung ke Kota Batam tak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh – oleh khas nya. Daripada penasaran dengan kuliner khas nya, berikut ada beberapa rekomendasi kuliner atau camilan khas Batam yang cocok dijadikan sebagai oleh – oleh. Diantaranya adalah:

1. Keripik Kari

Keripik Kari merupakan salah satu camilan khas Batam yang wajib dicoba. Terdiri dari dua pilihan rasa yakni rasa udang dan rasa gonggong, serta rasanya yang gurih sehingga sangat cocok dijadikan sebagai salah satu oleh – oleh dari Kota Batam.  Makanan yang dibuatnya menggunakan bahan dasar asli khas Batam, seperti udang dan gonggong. Keripik kari sendiri memiliki aroma dan cita sara gonggong yang mampu mengguggah selera. Gonggong sendiri merupakan salah satu jenis seafood khas Kepulauan Riau yang populer. Dipilihnya gonggong untuk keripik ini karena ia mampu menyuguhkan aroma yang kuat dan sangat cocok sebagai pelengkap rasa pada keripik.

2. Layers Cake

Layers cake merupakan makanan yang sejenis kue lapis. Oleh oleh yang satu ini menggunakan bahan terbaik yang berasal dari dalam negeri, sehingga cita rasanya sangatlah lembut. Layers cake berasal dari tepung terigu pilihan yang memiliki rasa sangat khas Batam. Memiliki tekstur yang lembut dan warna yang cantik, membuat camilan ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para peminatnya.

3. Rocklate

Camilan yang satu ini sangat digemari oleh wisatawan mulai dari anak – anak hingga dewasa. Bagaimana tidak? perpaduan antara cokelat dan marshmallow yang mampu menyuguhkan tekstur yang renyah, lembut dan gurih membuat siapa saja yang mencobanya ketagihan. Rocklate memiliki varian rasa yang dapat dipilih, mulai dari chruncy milk chocolate, strawberry chocolate, chrunchy dark chocolate dan cocochip chocholate. Harga Rocklate Batam ini mulai dari Rp 20 ribu untuk kemasan kecil dan sekitar Rp 55 ribu untuk kemasan besar.

4. Bingka Bakar

Bingka Bakar ternyata memiliki nilai sejarah karena kerap dikaitkan dengan Kerajaan Melayu. Dahulu kue Bingka selalu disajikan sebagai kue kerajaan. Bentuk kue bingka bakar sungguh unik seperti bunga. Kue berbahan dasar tepung terigu, telur, santan, gula pasir, dan garam, itu dicetak berbentuk bunga. Setelah berbentuk adonan, kue itu dipanggang sekitar 30 menit hingga matang.  Pada zaman Kerajaan Melayu hanya dikenal bingka rasa pandan. tapi Kini rasanya sudah banyak dimodifikasi. Ada yang menambahnya dengan selai, parutan keju dan siraman coklat.

5. Kue Batang Buruk

Kue batang buruk merupakan makanan khas kota Batam yang memliki rasa lumer ketika digigit. Dari segi fisik, kue ini memang memiliki penampilan yang kurang menarik. Namun untuk segi rasa, kue batang buruk mampu memanjakan lidah penikmatnya. Kue batang buruk memiliki ukuran kecil namun punya tekstur rasa yang mudah hancur saat dipegang dan dimakan. Meski tertulis oleh-oleh khas Bintan, tapi kue batang buruk juga jadi buah tangan wajib dari Batam

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.