Lokasi Wisata Ngabuburit di Bulan Ramadhan

Di Indonesia istilah ngabuburit sudah tak asing lagi terdengar pada Bulan Ramadhan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Dengan ngabuburit biasanya waktu menunggu waktu berbuka akan terasa lebih singkat, apalagi diisi dengan banyak cara seperti main bareng teman, membaca Al-Qur’an, atau hanya sekedar jalan – jalan. Namun jangan sampai ngabuburit kamu membatalkan puasa, ada baiknya mencari waktu yang asyik untuk ngabuburit dan jauh dari hal – hal yang bisa membatalkan puasa kamu. Nah, buat kamu yang memilih ngabuburit dengan jalan – jalan dan belum ada rencana maka tak ada salahnya berkunjung ke tempat – tempat berikut ini. Mau tahu dimana saja? Simak ulasan berikut ini yuk!

1. Menjelajah Kota Tua Jakarta

Seperti yang kita tahu jika destinasi wisata Kota Tua Jakarta memang tak pernah sepi pengunjung. Saat Bulan Ramadhan seperti ini, banyak wisatawan yang datang berkunjung kesini disaat  sore hari tiba sambil menunggu waktu berbuka puasa. Bahkan banyak komunitas – komunitas yang berkumpul dan mengadakan buka bersama disini. Tempat ini juga sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi berfoto – foto dengan background bangunan tempo dulu. Untuk menuju kesini pun sangat mudah, kamu bisa menggunakan kereta api listrik sampai Stasiun Kota, dari pintu keluar stasiun kamu hanya berjalan sedikit saja maka sudah sampai ke kawasan Kota Tua Jakarta.

2. Mampir ke Masjid Dian Al-Mahri (Kubah Mas)

Nah untuk kamu yang sedang berkunjung ke Depok atau berdomisili di kota ini, Masjid Dian Al-Mahri atau biasa disebut dengan Masjid Kubah Mas bisa dijadikan sebagai lokasi untuk ngabuburit. Lokasinya berada di Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo, Depok. Keunikan yang bisa kamu lihat di masjid ini adalah kubahnya yang dilapisi dengan emas. Selain menjadi tempat ibadah, kompleks masjid ini juga menjadi kawasan wisata keluarga. Untuk mencapai ke lokasi ini kamu bisa menggunakan angkutan umum tujuan Parung dari Terminal Depok, setelah sampai di pertigaan Parung maka perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan kota jurusan Pondok Labu lalu turun di depan Masjid Dian Al-Mahri.

3. Kawasan Lapangan Merdeka – Monas

Lokasi selanjutnya yang bisa dijadikan untuk ngabuburit adalah Monas. Berbagai kegiatan bisa kamu lakukan selama berada di monas seperti jalan – jalan, duduk santai, atau jogging di sore hari sambil menunggu waktu berbuka agar tetap sehat selama Bulan Ramadhan. Selain itu juga kamu bisa naik ke atas monas dan melihat keindahan Kota Jakarta dari ketinggian.

4. Sentra Pedagang Takjil Jalan Bangbarung

Untuk kamu yang ingin ngabuburit di Kota Bogor sambil mencari menu takjil buka puasa maka bisa berkunjung ke Jalan Bangbarung. Lokasinya berada di Kelurahan Tegalgundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Disini kamu bisa menemukan beraneka macam makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Ada beberapa kuliner yang hanya bisa kamu temukan di Bulan Ramadhan saja seperti Mie Glosor, Kolak Pisang, dan Kerupuk Mie Asoi. Jalan ini biasanya mulai ramai pukul 16.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

 

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.