Museum Macan, Spot Wisata Terbaru di Kota Jakarta yang Sedang Hits dan Kekinian

Suka bingung menentukan kegiatan seru untuk dilakukan di akhir pekan bersama keluarga atau teman-teman, selain jalan-jalan ke mal? Padahal, sebenarnya Jakarta punya banyak museum yang bisa dikunjungi, lho! Ya, sedikitnya terdapat paling tidak 30 museum dengan berbagai tema yang berbeda, mulai dari museum bertema kedokteran hingga perbankan dan keuangan. Dengan banyaknya museum yang tersedia dan mungkin saja belum diketahui banyak orang ini, tentu sayang jika tidak dikunjungi. Nah, baru – baru ini ada salah satu museum di Jakarta yang sedang hits dan Instagramable banget yaitu Museum Macan. Eits, tapi isinya gak ada macan – macannya sama sekali.

Nama MACAN sendiri merupakan sebuah singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum ini terbilang cukup baru karena baru di buka pertama kalinya untuk umum pada November 2017 lalu. Museum ini tercatat sebagai institusi pertama yang memberikan akses publik terhadap koleksi seni modern dan kontemporer Indonesia serta Internasional. Museum MACAN terlahir dari seorang kolektor seni sekaligus pengusaha asal Indonesia yaitu Haryanto Adikoesoemo. Selama kurun waktu 25 tahun, pria Authenticity, Leadership, Excellence, Quality, Seriousness in Art ini mengumpulkan sekitar 800 karya seni seperti seni rupa modern Indonesia hingga seni modern dan kontemporer dari seluruh dunia.

Dengan menempati bangunan seluas 4.000 meter yang dirancang bergaya kontemporer, museum ini siap menjadi pusat pembelajaran seni lewat seni yang dipamerkan serta program yang ditawarkan. Para pengunjung yang datang ke museum ini bisa melihat lukisan karya maestro Indonesia dan dunia seperti Raden Saleh, S Sudjojono, Andy Warhol, Cai Guo Qiang, Wang Guangyi dan masih banyak lainnya dapat dinikmati di pameran pertama Museum MACAN. Untuk dapat masuk ke dalam museum ini, MACAN Society memiliki inisiatif berupa keanggotaan museum yang dibayar tahunan. Dengan menjadi keanggotaan museum tersebut para pengunjungnya mendapatkan berbagai keuntungan, seperti tiket masuk harian gratis dan potongan – potongan harga untuk pembelanjaan di kafe dan toko museum.

MACAN Society dihargai Rp 300.000 per tahun, pelajar Rp 180.000 per tahun, dan keluarga Rp 750.000 per tahun. Untuk tiket masuk biasa (tanpa keanggotaan) dihargai Rp 50.000 untuk orang dewasa, Rp 40.000 untuk lansia, dan Rp 30.000 untuk anak -anak. Museum ini buka mulai pukul 10 pagi hingga pukul 7 malam WIB dari hari Selasa hingga hari Minggu. Untuk hari Senin dan libur Nasional, museum ini tutup. Lokasinya berada di Jalan Panjang No. 5, Jakarta Barat, Jakarta, Indonesia.

 

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.