Menikmati Malam Sepi dan Berbintang di Panatapan Sibodiala, Toba Samosir

Buat sebagian orang, yang namanya liburan itu adalah saat khusus buat santai – santai, bukan untuk gedabrukan ke sana – sini. Ya, jelas nggak salah sih kalau kamu memanfaatkan liburanmu untuk melakukan macam-macam aktivitas yang jarang kamu lakukan waktu lagi sibuk. Tapi kalau kamu sehari – harinya sudah sibuk? Jelas kamu bakal perlu tempat yang bisa membuatmu rileks bin adem.

Panatapa Sibodiala, Tempat Berlibur Tenang di Gunung

Untuk kamu yang ingin ketenangan ekstra, kamu bisa berkunjung ke Panatapan Sibodiala, yang ada di Kota Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara. Bisa dikatakan, di sinilah tempat yang terbaik kalau kamu mau melihat pemandangan Danau Toba dan Balige dari titik yang paling tinggi. Pemandangan spektakuler bakalan kamu saksikan ketika kamu mendatanginya di malam hari. Di sini, kamu bebas dari yang namanya orang jualan dan masyarakat yang berseliweran. Cuma ada kamu, teman atau pasangan, dan juga malam yang penuh dengan bintang.

Dari sini, kamu bisa menyaksikan pemandangan kelap – kelip Kota Balige di malam hari. Absennya cahaya buatan manusia membuat bintang – bintang di langit terlihat begitu jelas. Dengan udara yang cukup dingin, didampingi dengan teman ataupun pasangan, membuat Panapata Sibodiala menjadi tempat berlibur yang sangat romantis. Selain itu, ketika kamu datang di pagi dan siang hari, rumah – rumah adat dan gedung milik Dinas Pariwisata, serta TB Silalahi Center yang arsitekturnya dibentuk seperti rumah adat Batak yang sangat besar akan terlihat dengan jelas.

Kemudian mata juga akan dimanjakan lebih jauh dengan pemandangan spektakuler Danau Toba yang sangat majestik, dengan pasir putihnya seperti pantai, dan juga pantulan langit biru di air danau. Di sekelilingnya, pohon – pohon pinus tegak berdiri, menjaga danau. Buat foto – foto landscape, bisa dibilang tempat ini adalah salah satu tempat yang terbaik yang bisa kamu dapatkan. Jadi siapkan kameramu!

Tak Ada Orang Lain

Barangkali hal yang membuat Panatapan Sibodiala istimewa adalah karena belum banyaknya orang yang datang ke sana. Bahkan saking sepinya, warung saja sudah tutup menjelang malam. Jadi kalau misalnya kamu berniat datang ke sana untuk menikmati pemandangan malam dan bintang, bawa sendiri makanan dan minumanmu, ya. Tempat yang sepi seperti ini juga membuatmu harus waspada. Bukan kenapa – kenapa, tapi karena tempat ini sepi banget, bahkan lampu jalan pun juga minim. Padahal jalan ke tempat ini tidak bisa dibilang lebar. Jadi hati – hati kalau kamu naik motor atau mobil. Harus ekstra waspada melihat jalanan. Karena di Panaptapan Sibodiala juga tak ada rumah penduduk (jarang banget), maka penduduk setempat juga jarang yang lewat. Cocok, sih kalau kamu memang berniat untuk menyepi, tapi jangan sampai terlalu malam.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.