Menelusuri Setiap Lorong Kota Tua Jakarta

Akhir pekan memang masih ada beberapa hari lagi, tapi tak ada salahnya jika liburan akhir pekan besok sudah direncanakan dari sekarang. Nah, kali ini limakaki.com mau merekomendasikan tempat wisata asyik di Kota Jakarta. Mau tahu dimana? Yap, tepatnya di pusat kota Jakarta yakni Kota Tua Jakarta. Lokasi nya yang strategis dan bisa dijangkau dari mana saja. Cukup membawa uang Rp. 100 ribu saja maka kamu sudah bisa jalan – jalan di Jakarta plus mencicipi kuliner khas Jakarta. Kota Tua Jakarta bisa kamu jadikan sebagai pilihan karena selain lokasinya yang dekat dengan Stasiun Jakarta Kota, disana kamu bisa berkunjung ke beberapa museum seperti Museum Wayang, Museum Pos Indonesia, Museum Bank Indonesia, dan Museum Fatahillah yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. 

Untuk menuju ke Kota Tua, kamu bisa menggunakan Commuter Line atau KRL hingga Stasiun Jakarta Kota dengan membayar tarif sekitar Rp. 3 ribu tergantung dari stasiun mana kamu naik. Sesampainya di stasiun, kamu bisa berjalan dari pintu keluar stasiun sekitar 50 meter maka kamu sudah sampai kawasan Kota Tua Jakarta. Di sepanjang jalan menuju Kota Tua, kamu akan melewati penjual kaki lima di kanan kiri jalur khusus pejalan kaki. Sesampainya di kawasan Kota Tua, kamu bisa memasuki Museum Fatahillah dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5 ribu untuk dewasa dan Rp. 3 ribu untuk pelajar atau mahasiswa.

Di dalam museum ini, kamu bisa melihat berbagai macam ringkasan sejarah Kota Jakarta seperti peninggalan senjata pada zaman penjajahan Belanda dan peninggalan Kerajaan. Setelah puas muter – muter di dalam Museum Fatahillah, maka kamu bisa duduk – duduk santai atau berfoto ria di Taman Fatahillah.  Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Jakarta belum mencicipi kuliner khas nya yaitu Kerak Telor. Untuk mencicipi satu porsi Kerak Telor, kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 10 ribu.

Setelah kenyang, kamu bisa melanjutkan berkeliling Jakarta kembali dengan menggunakan bus wisata gratis. Halte terdekatnya berada di dekat Museum Bank Indonesia dan tersebar di tempat lainnya seperti Halte Monas, Istiqlal, Pasar Baru, BNI 46, Gedung Arsip, Museum Nasional, Balai Kota, IRTI, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan menggunakan bus wisata gratis ini, kamu akan diajak mengelilingi Kota Jakarta dengan berbagai macam tema perjalanan seperti Sejarah Jakarta, Jakarta Baru, Kesenian dan Kuliner, Pencakar Langit, Ruang Terbuka, dan Cagar Budaya.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.