Gunung – Gunung Cantik Nan Indah yang Cocok Untuk Mendaki Bagi Pemula

Akhir – akhir ini mendaki gunung tidak hanya dilakukan oleh pecinta alam saja, melainkan kegiatan favorit yang dilakukan di kalangan muda – mudi yang umumnya terdiri dari pelajar dan mahasiswa. Banyak diantara mereka yang sudah berpengalaman dalam mendaki gunung, tapi tak sedikit juga yang belum begitu akrab dengan kegiatan yang satu ini. Kebanyakan dari mereka yang masih newbie dalam mendaki gunung memiliki motivasi lebih untuk mendaki karena mungkin ingin mencoba pengalaman baru yang penuh tantangan dan tak sedikit pula yang mengabadikan momen – momen saat digunung untuk diunggah ke akun media sosial yang dimiliki.

Nah, untuk kamu yang sebelumnya belum pernah mendaki gunung alias newbie maka ada baiknya tidak mendaki gunung yang memiliki medan berbahaya. Sebagai pendaki pemula, alangkah baiknya untuk mendaki beberapa gunung dengan medan yang tentunya ramah dan tidak menyulitkan. Berikut ada beberapa gunung pendek yang bisa kamu jadikan sebagai tujuan untuk mendaki gunung. Diantaranya adalah:

1. Gunung Batu, Jonggol

gunung-batu

Gunung Batu Jonggol merupakan salah satu gunung yang memiliki ketinggian tidak mencapai 1.000 mdpl yaitu hanya sekitar 875 mdpl. Gunung ini sangat cocok dijadikan pilihan mendaki gunung bagi pemula. Lokasinya berada di Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Meskipun namanya tidak setenar dan sepopuler Gunung Gede Pangrango, namun Gunung Batu ini memiliki keindahan alam yang sangat mempesona sehingga banyak pendaki pemula berbondong – bondong menuju gunung ini. Untuk sampai ke puncak Gunung Batu, kamu harus melakukan trekking selama 45 menit saja.

2. Gunung Nglanggeran, Yogyakarta

nglanggeran1

Gunung Nglanggeran merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama kawan. Dengan mendaki gunung api purba ini kamu bisa mendapatkan sensasi petualangan, kesenangan hingga ketenangan. Lokasinya berada di Desa Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta atau sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Meskipun bernama gunung namun Gunung Nglanggeran ini tidak seperti gunung kebanyakan.

Tempat ini lebih menyerupai bukit batu raksasa yang ditumbuhi berbagai macam flora disekitarnya. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 700 mdpl dan sangat cocok dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk pendaki pemula. Untuk mencapai puncak Gunung Nglanggeran, cukup melakukan trekking selama 1 jam saja dan sesampainya di puncak kamu bisa melakukan camping ground untuk melihat keindahan bintang yang bertaburan di langit. Bila ke sini, sempatkan diri untuk berkunjung ke Embung Batara Sriten ya.

3. Gunung Andong, Magelang

puncak-gunung-andong-magelang4

Gunung Andong ini memiliki ketinggian 1726 mdpl yang lokasinya terletak di Magelang, Jawa Tengah. Untuk mencapai puncak Gunung Andong maka kamu bisa melakukan trekking selama 2 jam dan tak perlu khawatir karena trek yang dilalui tidak membahayakan dan banyaknya papan penunjuk jalan di sepanjang jalur pendakian. Sesampainya di puncak, kamu akan melihat golden sunrise yang sangat memukau dan juga melihat keindahan pesona Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Gunung Sumbing.

4. Gunung Penanggungan, Mojokerto

dsc_0202

Gunung selanjutnya yang cocok dijadikan sebagai spot untuk mendaki bagi pemula adalah Gunung Penanggungan. Gunung ini biasa disebut sebagai miniaturnya Gunung Semeru karena puncaknya yang tandus seperti Semeru. Gunung ini juga merupakan salah satu gunung yang sudah tidak aktif lagi di Indonesia dan memiliki ketinggian hingga 1.636 mdpl. Untuk mencapai puncaknya, kamu harus trekking selama 4 jam via jalur Tamiajeng dan Trawas. Jika kamu tertarik untuk melihat candi – candi bekas peninggalan sejarah maka kamu bisa melewati jalur Jolotundo. Tetaplah berhati-hati, karena gunung yang satu ini memiliki jalur yang cukup ekstim dan menantang.

5. Gunung Pulosari, Pandeglang

555dd45c0423bdc65e8b4567

Kalau Gunung Andong yang memiliki ketinggian 1.726 mdpl saja bisa kamu jamah, masa Gunung Pulosari di Pandeglang yang hanya memiliki ketinggian 1.346 saja nggak bisa? Dengan ketinggian 1.346 mdpl ini, tentunya cocok sekali buat para pendaki pemula. Untuk sampai puncak, memakan waktu cukup 2 jam saja. Tapi, tetaplah berhati-hati, karena trek menuju puncuk sedikit terjal dan curam. Gunung yang terletak di daerah Pandeglang Banten ini masih aktif, dan pernah mengalami letusan. Oh iya, selama diperjalanan menuju puncak, kamu akan disuguhi panorama hutan dengan vegetasi yang beraneka ragam. Untuk memanjakan diri, sempatkan lah juga singgah ke Curug Putri. Bagi kamu yang ingin camping, kamu bisa mendirikan tenda di area kawah Ratu.

 

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.