Mata Air Tok Jaran Memiliki Daya Tarik Tersendiri Bagi Wisatawan

Yogyakarta merupakan sebuah kota besar yang berada di Provinsi Jawa Tengah, membahas destinasi wisata di Kota Yogyakarta memang tak akan ada habisnya karena di setiap kawasan di Kota Jogja memiliki pesona keindahan nya masing – masing yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu kawasan yang wajib untuk kamu kunjungi ketika sedang berlibur di Jogja adalah Kabupaten Kulonprogo. Saat pertama kali mendengar nama daerah ini pasti kita tak asing dengan wisata alam nya yang sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan yaitu Wisata Alam Kalibiru. Kulonprogo cukup terkenal dengan suasana alamnya yang sejuk dan nyaman sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin merefresh pikiran. Selain Kalibiru, lokasi wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Tok Jaran yang terletak di Dusun Gunung Kelir Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta.

Tok Jaran memiliki arti Mata Air yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung kesini. Sesuai dengan namanya, Tok Jaran memiliki aliran mata air yang sangat jernih serta kolam alami yang cukup luas dan bisa digunakan untuk bermain air atau berenang. Menurut salah satu kepala kelompok sadar wisata menyebutkan jika Tok Jaran memiliki sejarahnya sendiri. Konon katanya, Pangeran Diponegoro sering menggunakan mata air ini untuk memandikan kuda – kudanya. Maka dari itu, mata air ini dinamakan dengan Tok Jaran. Keindahan alam dan suasana nya yang sejuk membuat kamu betah berlama – lama di lokasi ini.

Air nya yang sangat jernih dan segar itu mengalir melewati pipa yang terbuat dari bambu. Karena mata air Tok Jaran ini masih sangat alami dari pegunungan sehingga terdapat hewan anggang – anggang air yang bisa dilihat di permukaan air. Mata air ini juga bisa kamu minum secara langsung dari pancuran bambu yang mengalirkan air karena memiliki kadar mineral yang cukup tinggi. Spot yang menjadi tempat favorit bagi wisatawan adalah Kolam Air Tok Jaran karena di kolam ini para wisatawan bisa menghabiskan waktu luang bersama keluarga dengan bermain air. Jika tak ingin bermain air, kamu bisa duduk – duduk santai di sebuah jembatan bambu kecil yang di buat oleh warga.

Di sekeliling kolam terdapat tumbuh – tumbuhan yang berwarna – warni sehingga menambah asri tempat tersebut. Karena lokasinya yang berada satu kawasan dengan Air Terjun Kembang Soka maka banyak wisatawan yang mampir kesini untuk sekedar membasuh muka atau meminum airnya. Karena alamnya yang masih alami dan belum tercemar sehingga banyak ikan yang bisa kamu lihat di sekitar Tok Jaran.

Tok Jaran memiliki kolam dengan kedalaman sekitar 1,5 meter dan air nya pun jernih berwarna kebiruan sehingga banyak wisatawan yang ingin menceburkan diri ke kolam tersebut untuk merasakan kesegaran nya. Untuk tiket masuk nya pun cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp. 5000 per orang dan Rp. 2.000 untuk biaya parkir kendaraan roda dua dan Rp. 5.000 untuk parkir kendaraan roda empat. Rute untuk menuju Tok Jaran, bisa melalui rute Tugu Yogyakarta menuju ke arah barat Jalan Godean. Lalu hingga ke pasar Godean, lanjutkan perjalanan hingga sampai di jembatan sungai Progo. Ikuti jalan hingga sampai di perempatan Nanggulan, lurus terus ke arah wisata goa Kiskendo, sampai di pertigaan Goa Kiskendo ambil jalan ke kiri, ikuti jalan dan papan penunjuk arah ke lokasi wisata Tok Jaran yang berada di kawasan wisata Kembang Soka.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.