Mata Air Sodong, Tak Pernah Kering Airnya Meskipun Musim Kemarau Tiba

Satu lagi destinasi wisata baru di Kota Bogor yang wajib untuk kamu kunjungi ketika hari libur tiba yaitu Mata Air Sodong. Lokasinya berada di Desa Ligar Mukti, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Mata Air Sodong merupakan salah satu potensi wisata alam yang cukup menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Destinasi wisata ini merupakan sebuah hulu sungai yang dimana airnya keluar dari dalam tanah di bawah sebuah bukit kapur. Di bagian bawahnya terdapat kolam pemandian yang dimana mata air tersebut jatuh ke kolam pemandian itu. Karena lokasinya yang berada di kawasan pegunungan sehingga air nya yang berwarna biru sangat menyegarkan.Destinasi wisata  ini sudah ada sejak tahun 2008 yang lalu, awalnya bukan sebagai lokasi wisata melainkan sebagai tempat untuk mencuci oleh warga sekitar. Namun lama kelamaan banyak orang yang datang ke tempat tersebut untuk mandi atau berenang.  Menurut salah satu penjaga kolam jika kebanyakan wisatawan yang datang kesini adalah mereka yang ingin berlibur dengan membawa keluarga atau anak – anak. Mata Air Sodong memiliki dua kolam. Kolam pertama digunakan sebagai irigasi dan kolam yang satu nya lagi merupakan kolam buatan yang digunakan untuk tempat wisata namun air di kedua kolam tersebut berasal dari Mata Air Sodong. Kolam yang digunakan untuk pemandian di batasi dengan jembatan. Meskipun terbilang pemandian alam, namun kolam renang ini selalu di kuras secara berkala.

Setiap harinya destinasi wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan apalagi jika hari libur tiba, pengunjung yang datang ribuan dan parkir kendaraan pun sampai ke jalan dan yang mau berenang pun harus rela antri. Mata Air Sodong tak pernah kering meskipun musim kemarau tiba. Bahkan disaat daerah lain mulai kehilangan air bersih, Mata Air Sodong malah bertambah besar debit airnya. Untuk tiket masuk ke obyek wisata Mata Air Sodong cukup terjangkau yaitu mulai Rp. 10 ribu untuk motor dan Rp. 20 ribu untuk mobil. Nah, untuk kamu yang tidak bisa berenang tak perlu khawatir karena disana juga banyak penyedia jasa penyewaan pelampung dan cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 10 ribu saja.

Adapun rute perjalanan menuju Mata Air Sodong jika dari pertigaan Cibucil, ambil belok kanan ambil arah ke Cileungsi. Setelah itu di pertigaan Cipeucang ambil kiri menuju Desa Klapanunggal. Di jalan Klapanunggal selanjutnya ambil kiri lagi menuju desa Ligar Mukti. Jangan sungkan untuk bertanya, sepertinya semua orang di sana tahu di mana Mata Air Sodong. Letaknya tepat di pinggir jalan dari arah Klapanunggal ada di sebelah kanan jalan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.