Lokasi Wisata di Pulau Lombok Untuk Kamu yang Ingin Melepas Lelah

Keberadaan Pulau Lombok yang tak jauh dari Pulau Bali, menjadikan Lombok sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat hari libur tiba. Sama halnya dengan Bali dan daerah lainnya di Indonesia, Pulau Lombok juga menyuguhkan panorama keindahan alam yang sangat mempesona mulai dari pantai, pulau, bukit hingga gunung api tertinggi di Indonesia. Jika dilihat dari sisi budayanya, warga sekitar masih menjalani ritual upacara dan melestarikan budayanya hingga saat ini. Nah, berikut ada beberapa destinasi wisata alam di Pulau Lombok yang bisa dijadikan rekomendasi untuk kamu yang ingin berlibur ke Lombok. Diantaranya adalah:

1. Pantai Tanjung Aan

Berbeda dengan pantai pada umumnya yang memiliki tekstur pasir lembut, Pantai Tanjung Aan memiliki keunikan tersendiri yaitu tekstur pasir nya menyerupai biji merica. Pantai ini dikelilingi oleh bukit – bukit yang bisa di daki dan pepohonan yang rimbun. Dari atas bukit, para pengunjung bisa melihat keindahan alam sekitar Pantai Tanjung Aan . Berbagai aktivitas bisa dilakukan selama berada disini mulai dari mendaki bukit, snorkeling, bersantai di pinggir pantai hingga berselancar. Nah, jika kamu berkunjung kesini pada Bulan Februari maka bisa menyaksikan ritual Bau Nyale yaitu mencari cacing laut. Dimana cacing laut tersebut dipercayai oleh masyarakat sekitar sebagai reinkarnasi Puteri Mandalika.

 

2. Gunung Rinjani

Tentunya nama gunung yang satu ini sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita, apalagi di kalangan pendaki gunung. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dan menjadi salah satu ikon wisata alam di Pulau Lombok. Gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl ini, memang merupakan salah satu pilihan bagi para pendaki, baik pendaki dalam negeri maupun dari luar negeri. Bagaimana tidak, cerita yang tersebar tentang keindahannya, membuat setiap pendaki pasti tertantang untuk mengeksplorasi gunung yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini. Di sepanjang perjalanan, mata kamu akan dimanjakan dengan hamparan pepohonan hutan hujan dan savana luas yang dilengkapi dengan Edelweis. Di tengah perjalanan menuju puncak, kamu juga bisa beristirahat di Danau Segara Anak yang airnya berwarna kebiru-biruan dan berkilau terkena sinar matahari.

3. Bukit Merese

Berbeda dengan Rinjani, tidak memerlukan banyak usaha melewati trek yang sulit untuk sampai di atas bukit dan menikmati hamparan pantai yang bisa dilihat dari sini. Cukup berjalan mendaki sebentar dan bisa langsung melihat pemandangan garis Pantai Tanjung Aan hingga Batu Payung. Duduk di atas rerumputan dengan suara ombak dan semilir angin, dijamin membuat betah berlama-lama disini. Apalagi, Bukit Merese ini adalah salah satu spot terbaik untuk menunggu matahari terbenam di Lombok dengan nuansa eksotisnya. Bisa jadi pengalaman tak terlupakan!

4. Desa Sade

Di Desa Sade dan Sasak, ada budaya Lombok yang masih dilestarikan hingga saat ini. Disini kamu bisa melihat rumah – rumah tradisional  yang masih menggunakan kayu sebagai tiang penyangganya serta alang – alang kering dijadikan atap dan dinding bambu. Rumah tradisional tersebut ditinggali oleh orang asli Desa Sade yang masih satu keturunan. Menjual kain tenun merupakan salah satu mata pencaharian warga Desa Sade. Kain tenun yang dijual dibuat melalui proses yang masih tradisional yaitu dari memintal kapas kering untuk dijadikan benang kemudian benang tersebut diwarnai dengan bahan – bahan alami.

5. Gili Trawangan

Nah, buat kamu yang ingin mencari ketenangan maka bisa berkunjung ke Gili Trawangan. Selain mencari ketenangan, kamu juga bisa melihat keindahan alam berupa pantai berpasir putih tanpa adanya kendaraan. Berbagai aktivitas bisa kamu lakukan selama berada disini mulai dari berjemur, berenang,  snorkeling, melihat penyu, mencicipi kuliner khas Lombok, atau bersantai. Jika ingin bermalam di kawasan Gili Trawangan maka kamu bisa menyewa penginapan yang ada.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.