Lima Pantai di Wonosari yang Keindahannya Wajib Untuk di Eksplorasi

Destinasi wisata pantai merupakan salah satu obyek wisata yang sangat menarik, hal tersebut menjadi satu alasan mengapa banyak wisatawan lokal hingga mancanegara banyak yang berkunjung. Salah satu daerah di Indonesia yang sudah cukup terkenal dengan keindahan pantainya adalah Pulau Bali. Pulau Bali sangat terkenal dengan Pantai Kuta dan Pantai Sanur nya. Pantai – pantai tersebut menyuguhkan keindahan alam berupa hamparan pasir laut yang berwarna putih ditambah dengan biru nya air laut serta panorama keindahan sunset nya di kala senja tiba. Selain Pulau Bali, ada juga Kabupaten Wonosari yang menyuguhkan destinasi wisata pantai yang tak kalah indahnya dengan Pulau Bali. Sebut saja Pantai Ngobaran, Pantai Ngrenehan, Pantai Indrayanti, Pantai Kukup, dan Pantai Sundak.

Pantai – pantai tersebut bisa kamu kunjungi di saat hai libur tiba dengan mengajak keluarga atau pasangan kamu. Berbagai aktivitas bisa kamu lakukan selama di pantai mulai dari berenang, mandi, bermain air, makan di rumah – rumah makan yang ada di sekitar pantai. Nah, jika kamu ingin merencanakan liburan ke pantai maka tak ada salahnya jika pantai – pantai di Wonosari ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu alternatif untuk tempat kamu berlibur. Berikut beberapa ulasan pantai yang wajib kamu ketahui sebelum berkunjung ke pantai – pantai di bawah ini! Simak ulasannya yuk!

1. Pantai Ngobaran

 

Keindahan Pantai Ngobaran terletak pada hamparan rumput lautnya serta biota laut di bibir pantainya. Jika ingin berkunjung ke pantai ini maka kamu harus menuruni bukit terlebih dahulu dan melewati beberapa puluh tangga. Nama Ngobaran sendiri diambil dari kata kobaran api Upacara Muksa yang dilakukan oleh Raja terakhir Kerajaan Majapahit yaitu Prabu Brawijaya V., yang dimana sang Raja melarikan diri dari kejayaan Kerajaan Demak dan membakar diri di pantai ini. Pantai Ngobaran ini lokasi nya berada di Desa Kanirogo, Kecamatan Saptosari atau sekitar 65 Km dari pusat Kota Jogja. Di pantai ini juga terdapat wisata kuliner nya yang khas yaitu Landak Laut.

2. Pantai Ngrenehan

 

Tak jauh letaknya dari Pantai Ngobaran, ada sebuah pantai yang tak kalah menarik nya yaitu Pantai Ngrenehan. Pantai ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi memancing, jangan heran jika malam Minggu kamu akan melihat puluhan orang yang sedang memancing di lokasi ini. Spot yang menjadi favorit untuk memancing adalah Bukit Bitting.

3. Pantai Indrayanti

 

Pantai ini merupakan salah satu pantai di daerah Wonosari dan sekitarnya yang memiliki fasilitas sangat baik dibanding pantai -pantai lainnya. Di pantai ini terdapat beberapa homestay dan restaurant yang bisa untuk kamu singgahi. Disini kamu bisa menikmati makanan laut di restuarant – restaurant yang menghadap ke laut dan berada tepat di bibir pantai. Berbagai aktivitas pun bisa kamu lakukan di sekitar Pantai Indrayanti seperti berenang, bermain pasir, atau hanya sekedar jalan – jalan di tepi pantai.

4. Pantai Kukup

 

Pantai ini terletak di sebelah timur Pantai Baron tepatnya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari Wonosari. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih kekuning – kuningan, memiliki ombak yang landai, dan juga memiliki batu – batu karang yang besar seperti salah satunya dinamakan Jumino. Disana juga terdapat sebuah bukit yang dimana kamu bisa melihat keindahan Pantai Kukup dari atas. Bukit tersebut memiliki tinggi sekitar 3 meter. Uniknya lagi saat air laut sedang surut maka kamu bisa melihat beberapa hewan laut.

5. Pantai Sundak

 

Pantai Sundak di Gunung Kidul ini sangat unik. Terletak di daerah Sidoharjo, Kecamatan Tepus, sekitar satu kilometer ke timur dari Pantai Krakal. Kata Sundak terdiri dari dua suku kata, asu dan landak. Dalam bahasa Jawa asu berarti anjing. Tidak ada yang tahu, mengapa pantai ini memiliki nama Sundak, kependekan dari Asu dan Landak. Pantai ini tidak luas, tetapi hamparan pasir putih dan ombaknya yang landai yang merupakan daya tarik utama untuk para turis ini, akan membuat Anda betah berlama-lama bermain air, berenang dan mandi – mandi.

Bagaimana menurut Anda? Tertarikah Anda untuk mendatangi pantai-pantai tersebut bersama keluarga tercinta Anda bila liburan tiba? Pastikan Anda membawa perlengkapan-perlengkapan penting untuk melakukan kegiatan di pantai.-pantai tersebut. Sungguh menarik bukan pantai di Wonosari dan sekitarnya?

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.