Lima Macam Kuliner Bakso dengan Rasa dan Bentuk yang Unik

Kuliner bakso bisa di bilang adalah kuliner sejuta umat karena hampir di setiap daerah kamu bisa menemukan kuliner yang satu ini mulai dari tukang bakso keliling, mangkal di kaki lima, di halaman rumah, hingga menjajakannya dalam bentuk resto atau cafe. Pada umumnya bakso terbuat dari daging sapi dengan cita rasa yang khas namun ada beberapa warung bakso yang menyuguhkan bakso dengan sensasi yang berbeda. Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Bakso Krikil
Namanya Bakso Krikil Pak Bowo, lokasinya berada jauh dari Kota Jogja. Bakso disini tidak menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya, namun bakso ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif jajan di sore hari. Dinamakan Bakso Krikil karena bakso yang dijual memiliki ukuran yang kecil – kecil seperti krikil. Jika kamu memesan satu porsi bakso maka kamu akan disajikan dengan semangkuk bakso yang di dalamnya berisikan 18 butir bakso, tahu, bawang goreng dan daun seledri sebagai pelengkapnya lalu kemudian setelah itu ditambahkan dengan kuah. Cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 3 ribu saja maka kamu sudah bisa menikmati seporsi bakso krikil di warung bakso Pak Bowo yang terletak di Dusun Mejingkidul, Desa Ambarketawang, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman.

2. Bakso Kabut
Untuk kamu yang kebetulan sedang bepergian ke Kabupaten Jember maka wajib untuk menikmati Bakso Kabut yang bisa kamu temukan di warung bakso milik Juhairiyah. Bakso yang disuguhkan di warung ini sedikit unik karena pada umumnya bakso berisikan daging dan telur namun tidak dengan bakso ini yang dimana telur tersebut digunakan sebagai bahan campuran untuk kuliat luar bakso, sedangkan dagingnya berada di dalam bakso tersebut. Inilah yang dinamakan Bakso Kabut, karena pada bagian dalamnya tidak terlihat, tertutup lapisan telur diluarnya. Mengenai harga, satu porsi Bakso Kabut bisa berharga lebih murah atau lebih mahal tergantung ukuran baksonya. Meskipun demikian, harganya masih cukup terjangkau mulai dari Rp. 5 ribu hingga Rp. 15 ribu.

3. Bakso Sambal Rujak
Ada yang berbeda di Bakso Bogie Caffe and Resto yang berlokasi di Jalan Pajajaran Nomor 78K, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. Sajian bakso di sini disajikan dengan sambal rujak. Manajer Bogie Caffe And Resto, M Rian Ali Akbar, mengatakan bahwa sajian bakso yang disajikan memang memiliki rasa yang beda. Selain menggunakan sambal rujak, bakso tersebut juga disajikan dengan sayuran kangkung. Ada sensasi yang berbeda saat mengunyah kangkungnya. Lalu, hal yang unik lainnya mi diganti dengan spaghetti.

4. Bakso 4 Rasa
Berkunjung ke Manado jangan lupa untuk mencicipi bakso 4 Rasa Cak Argo yang berada di Lingkungan III Wonasa Tengah, Kelurahan Ternate Baru, Kecamatan Singkil, Manado. Disana kamu bisa mencicipi bakso unik dengan rasa yang berbeda – beda. Jika dilihat dari segi tampilan, bakso ini memiliki bentuk dan tekstur yang sama seperti bakso pada umumnya. Hanya saja jika waktu menyantapnya, baksonya jauh berbeda. Alasannya setiap bakso dari empat rasa ini pada tengah baksonya berisi bahan asli dari keempat rasa itu. Misalnya seperti Bakso Durian yang dimana pada bagian tengahnya berisi durian, begitupun dengan rasa lainnya seperti Bakso Cokelat, Bakso Keju dan Bakso Polote.

5. Bakso Klenger
Biasanya makan bakso menggunakan sendok dan garpu, namun lain hal nya jika makan bakso di warung bakso ini yaitu dengan menggunakan pisau karena ukurannya yang sangat besar. Warung bakso ini sudah ada sejak tahun 2011 dan diberi nama dengan warung Bakso Klenger. Di warung bakso ini, pembeli dapat memilih beberapa ukuran bakso sesuai yang diinginkan. Warung Bakso ini berlokasi di Jalan Wahid Hasim No. 296, Nologaten, Kabupaten Sleman. Harga yang dibanderol pun bermacam – macam yaitu mulai dari Rp. 12 ribu hingga Rp. 600 ribu, tergantung berat dan ukurannya yang dipilih. Dalam satu mangkok berisi mie, pangsit, sawi dan tetelan daging sapi lalu Bakso Klenger akan disajikan di dalam mangkok tersendiri.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.