Lima Kuliner khas Solo yang Bisa Kamu Coba

Kota Solo memang sudah dikenal memiliki destinasi wisata yang beragam sejak lama, tak heran jika banyak wisatawan memilih kota yang satu ini sebagai salah satu alternatif saat hari libur tiba. Destinasi wisata seperti wisata alam, wisata kuliner, wisata hiburan, wisata belanja, hingga wisata sejarah bisa kamu temukan disana. Di kota ini, terdapat berbagai koleksi milik Kasunan termasuk berbagai pemberian dari raja – raja Eropa, replika pusaka keraton dan gamelan. Nah, setelah puas berkeliling Kota Solo tentu perut akan merasa keroncongan. Berikut ada beberapa kuliner di Kota Solo yang bisa kamu coba. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya dibawah ini ya!

1. Wedang Ronde

Wedang Ronde merupakan salah satu minuman khas Solo yang terbuat dari jahe dan isinya berupa ronde yaitu bulat – bulat yang terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan gula jawa yang ditumbuk dengan kacang, kolang- kaling, dan kacang yang direbus/ digoreng). Minuman ini sangat pas dinikmati saat musim hujan tiba sebagai penghangat badan. Di depan Keraton Surakarta, kamu akan dengan mudah menemukan pedagang wedang ronde ini . Biasanya para pedagang menjajakan dagangannya menggunakan gerobak di pinggir jalan.

2. Dawet Telasih

Banjarnegara, Tegal dan Jepara memang memiliki es dawet khasnya namun Kota Solo juga memiliki es dawet khas yaitu Es Dawet Telasih. Bedanya es dawet Solo memiliki isian yang cukup lengkap dan unik seperti tape hijau, bubur sumsum, biji selasih sekaligus cendolnya. Nama Telasih sendiri diambil dari nama biji selasih yang digunakan. Es Dawet Telasih sangat cocok dinikmati pada siang hari saat matahari sedang terik.

3. Leker

Kue Leker merupakan kue sejenis panekuk yang adonannya terbuat dari bahan baku tepung terigu, telur ayam, gula pasir, gula Jawa, dan perasa vanilli. Diatas permukaan leker biasanya ditaburi gula, coklat, pisang atau susu. Dalam proses pembuatannya pun cukup simpel dan alat – alat yang digunakan pun sederhana yaitu menggunakan kompor, wajan kecil, dan sotil. Kue leker tergolong camilan yang enak dan murah meriah.

4. Serabi

Tak hanya leker, serabi khas Solo pun dijajakan di sekitar Keraton Surakarta.Rasanya yang manis dan legit akan membuat kenyang setelah seharian menjelajah museum di kawasan Keraton Surakarta. Dan pastinya, cita rasa serabi akan membuat siapapun merindukan Kota Solo.

5. Jadah Bakar

Makanan yang satu ini memang sederhana. Tapi kenikmatan menjadi spesial jika disantap di tempat yang tepat. Ya, makanan yang dimaksud adalah jadah bakar. Ini adalah makanan yang menjadi ikon kawasan Selo, Boyolali. Namun di kawasan Keraton Surakarta, kamu bisa menemukan kuliner yang satu ini. Meskipun kesannya sederhana, ternyata banyak orang yang berburu kuliner ini saat malam tiba.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.