Kuliner Nikmat yang Patut Untuk Dicoba Selama Bertandang ke Manado

Pulau Sulawesi memiliki pesona alam yang tak kalah dengan pulau Jawa maupun Bali, namun bukan hanya obyek wisata alam saja yang dikenal disana melahirkan juga budaya. Tentunya kamu sudah cukup mengenal beberapa wisata budaya menarik bahkan yang berhubungan dengan religi disini, mengingat sebagian banyak masyarakat masih memegang teguh kepercayaan dari nenek moyang mereka. Namun bukan itu yang akan kita bahan sekarang ini, melainkan kuliner nikmat yang patut untuk kamu coba selama bertandang ke kawasan tersebut.

Menjelajahi pulau Sulawesi tentunya tak akan melupakan 2 tempat yaitu Makassar dan Manado makassar dengan wisata pantai Lossari yang cukup fenomenal begitu juga dengan wisata pantai yang ada di Manado. Puas menjelajahinya sekarang tak ada salahnya mencari kuliner nikmat yang setidaknya dapat mengganjal perut Anda. Bagi kamu yang datang ke Manado memang harus lebih hati – hati, mengingat mayoritas masyarakat yang ada disini bukan penganut agama islam sehingga panganan yang dijual belum tentu halal.

Saat kamu berkunjung ke sebuah pasar di daerah tersebut maka akan berjajaran daging binatang seperti kelelawar hingga ular yang dijual secara bebas, namun juga jangan khawatir karena tak semua rumah makan menyajikan kuliner ekstrim tersebut, bagi kamu yang menginginkan masalah halal dan enak bagaimana dengan mencoba tinutuan, masakan apa itu? Tinutuan merupakan sebuah panganan khas yang disantap pada saat kamu sarapan, ia adalah sajian bubur Manado.

Memang sebenarnya tak sulit menemukan panganan yang satu ini, mengingat hampir setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki rumah makan khas Manado, tentunya dengan salah satu menu andalan mereka adalah Tinutuan, namun tentunya rasa yang ditawarkan jauh berbeda dengan kamu mencicipnya secara langsung di kota asal. Bubur yang satu ini memiliki cita rasa cukup nikmat, ditambah dengan lauk pauknya, kamu dapat menyesuaikan dengan selera.

Seporsi tinutuan sebenarnya terdiri dari bubur dengan sayur bayam kemudian tambahan pipilan jagung juga sayur labu rasanya pasti akan menggoyang lidah kamu, menu utama yang memang paling nikmat disantap pada saat kamu sarapan. Apalagi jika kamu dapatkan tambahan lauk dari Ikan Nike. Jenis ikan yang satu ini serupa dengan teri, ia memiliki ukuran kecil yang hanya bisa didapatkan dari Danau Tondano. Ini juga yang menjadi pembeda antara bubur Manado yang asli dengan tidak, kamu tentunya tak akan menemukan tambahan ikan yang satu ini jika membelinya di luar Manado.

Tak sampai disana saja, satu lagi yang akan melengkapi nikmatnya Tinutuan yaitu sambal dabu – dabu. Sambal yang akan menambah cita rasa pedas ini terbuat dari tomat dan cabai segar yang dihaluskan. Kamu bisa menambahkannya ke dalam bubur sesuai dengan selera, pastinya akan semakin menggoyang lidah. Jangan lupa untuk melengkapi sarapan Anda dengan minuman yang hangat, secangkir kopi atau teh di pagi hari.

Selain tinutuan atau bubur Manado sebenarnya masih banyak lagi kuliner khas dari daerah ini, mengingat mayoritas dari masyarakat asli Manado sendiri memang sangat gemar wisata kuliner, tak hanya yang main stream tentunya, melainkan juga yang ekstrim. Nah untuk kamu yang sudah melalui pagi dengan seporsi bubur nan nikmat asli Manado selanjutnya bisa melanjutkan petualangan melangkah ke beberapa kawasan wisata yang ada disini, nantinya untuk makan siang tentu masih ada menu baru khas Manado yang akan mengisi energi kamu.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.