Kuliner Malam di Kota Solo yang Pas Disantap Saat Lapar Melanda

Selain terkenal akan wisata sejarahnya, Solo juga bisa dijadikan sebagai lokasi wisata ketika sedang berkunjung ke Jawa Tengah. Namun, yang paling menarik dari Kota Solo ini adalah wisata kulinernya. Nah, jika kamu sedang berkunjung ke Solo tak perlu bingung mau makan apa dan dimana. Apalagi jika lapar melanda pada malam hari. Berikut ada beberapa lokasi wisata kuliner di Solo yang bisa kamu temukan pada malam hari. Mau tahu dimana saja? Simak ulasannya berikut ini ya!  

1. Susu Shi Jack

Tentunya untuk seluruh warga Solo sudah tak asing lagi dengan lokasi wisata kuliner yang satu ini yaitu Susu Shi Jack. Warung susu ini sudah berdiri sejak tahun 1986 dan menjadi salah satu pelopor susu murni yang ada di Kota Solo. Lokasinya berada di Jalan Honggowongso No. 42, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta. Beragam pilihan menu yang bisa dipilih mulai dari susu cokelat, madu, sirup, hingga susu jahe. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp. 4.000 hingga Rp. 7.000. Selain susu, tersedia juga kuliner makanan yang bisa kamu coba seperti nasi bandeng, gorengan, sate – satean, dan lain sebagainya.

2. Nasi Liwet Bu Sarmi

Nah, buat kamu sedang mencari kuliner yang mengenyangkan maka datang saja ke Kedai Nasi Liwet Bu Sarmi. Lokasinya berada di Jalan Kapten Mulyadi, Kedung Lumbu tepat nya di Kawasan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Kuliner khas Solo ini banyak diminati oleh warga sekitar, seporsi Nasi Liwet Bu Sarmi berisi nasi yang gurih, ditambah dengan ayam yang empuk, telur dan sayur labu siam yang ditambah dengan santan. Untuk harganya relatif murah yaitu seporsi nasi liwet mulai dari Rp. 8 ribu hingga Rp. 16 ribu tergantung lauk apa yang dipilih.

3. Gudeg Ceker Mergoyudan

Selai di Kota Jogja, kamu juga bisa menemukan kuliner Gudeg di Kota Solo yaitu Gudeg Ceker Mergoyudan. Lokasinya berada di Jalan Monginsidi No. 41 – 43, Desa Banjarsari, Mergoyudan, Surakarta. Kedai ini mulai buka pukul 01.30 dinihari, dan sangat cocok untuk kamu yang lapar di malam hari. Yang membedakan Gudeg Solo dengan Gudeg Jogja yaitu adanya tambahan berupa rendang ceker ayam dan rasanya pun sedikit lebih asin. Nah, jika ingin mencicipi gudeg ini maka kamu harus datang lebih awal karena kedai ini selalu ramai oleh pengunjung. *

4. Wedang Asle Pak Widodo

Sebagai hidangan penutup sebelum beristirahat, maka tak ada salah nya untuk mencicipi Wedang Asle. Wedang Asle ini merupakan minuman khas Solo berupa santan yang diberi tambahan agar – agar, ketan, gula pasir, dan roti tawar. Di Kota Solo, Wedang Asle banyak dijumpai di kawasan Stadion Manahan seperti salah satunya adalah Wedang Asle Pak Widodo. Lokasinya berada di Shelter PKL Manahan Solo, Jalan Menteri Supeno, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.