Yuk Icip – Icip Kuliner khas Jawa Timur, Ada Apa Saja? Simak Ulasannya Berikut Ini!

Ketika berkunjung ke suatu daerah, rasanya tak lengkap jika kita tidak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Begitupun ketika Anda berniat untuk berkunjung ke Bondowoso, Jawa Timur maka wajib untuk mencicipi kuliner khas daerah tersebut apalagi harganya yang terbilang cukup murah. Nah, berikut ada beberapa makanan khas Bondowoso yang bisa Anda cicipi ketika berkunjung ke kota tersebut. Diantaranya adalah:

1. Rujak Gobet

Siapa sih yang tak kenal dengan singkong? Nah, di Bondowoso ini sangat terkenal sebagai sentra penghasil singkong. Tak heran jika di Bondowoso Anda sangat mudah untuk menemui makanan berbahan dasar singkong tak terkecuali dengan kuliner khas yang satu ini yaitu Rujak Gobet. Rujak Gobet merupakan makanan yang terdiri dari singkong dan timun yang diparut lalu dipadu padankan dengan bumbu rujak yang terbuat dari Petis Madura. Tak seperti rujak pada umumnya yang dimana bumbunya dicocol namun bumbu pada rujak gobet ini bagaikan kuah yang melimpah ruah dan memberikan sensasi rasa yang segar untuk siapa saja yang menikmatinya. Untuk membuat rujak yang satu ini sangat dibutuhkan ketelatenan sebab jika singkong yang tak dicuci dengan bersih maka akan menyebabkan sakit perut setelah dikonsumsi. Untuk harganya pun cukup terjangkau yaitu berkisar Rp 4.000.

2. Nasi Mamong

Nasi mamong terinspirasi dari budaya leluhur Bondowoso yang gemar membawa bekal saat bepergian jauh. Agar nasi tak basi, dibungkuslah nasi dengan daun pisang kemudian dikukus kembali. Untuk isi lauk pauk, nasi mamong terbilang bebas, sesuai dengan keinginan pembuatnya. Bisa berisi ikan, ayam, daun pepaya, pare, atau lainnya. Pastinya nama mamong yang berarti “bingung” dalam bahasa Madura, memiliki sambal yang luar biasa pedas. Harga nasi mamong beragam, kurang lebih Rp 10.000, tergantung isi dan tentunya tempat dijual nasi mamong, bisa di restoran, warung, atau dijajakan berkeliling.

3. Tapai Ngambeng

Kuliner yang satu ini merupakan minuman khas Bondowoso yang hampir punah yaitu Tapai Ngambeng. Minuman khas ini merupakan minuman yang terbuat dari tapai dan gula yang dicampurkan menjadi satu. Untuk rasanya pun sangat unik apalagi saat disajikan dingin, jadi sangat patut untuk Anda coba. Untuk harga segelas Tapai Ngambeng ini berkisar Rp 5.000 saja per gelasnya.

4. Kopi Blangkon

Jika biasanya serai, kunyit, jahe, kayu manis, dan jeruk purut menjadi bumbu memasak, kali ini justru menjadi bumbu penyedap kopi. Sajian kopi dengan aneka rempah ini dapat ditemui ketika berkunjung ke Nine Coffee Roastery di Jalan Brigol Sudarlan Nomor 266, Bondowoso, Jawa Timur. Proses pembuatan kopi blangkon tak berbeda pada umumnya. Pertama kopi dari Ijen diseduh dengan cara V60 yakni menyaring ampas dengan filter kertas khusus. Kemudian di dalam cangkir dimasukkan semua rempah yang diperlukan, yang sebelumnya sudah dikupas dan dibersihkan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.