5 Kuliner Enak yang Pas Untuk Sahur di Bulan Ramadhan

Sahur merupakan salah satu momen di Bulan Ramadhan untuk mengawali puasa. Sudah menyiapkan menu apa untuk sahur esok hari? Kalau belum dan tak ada niat untuk memasak sendiri maka tak ada salahnya untuk mencoba kuliner tengah malam yang cocok dijadikan santapan sahur. Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya!

1. Nasi Goreng

Tentunya sudah tak asing lagi dong dengan kuliner yang satu ini? Kuliner yang sudah terkenal hingga seluruh pelosok Indonesia bahkan sampai ke mancanegara. Rasanya yang nikmat dengan berbagai topping tambahan, membuat nasi goreng menjadi salah satu kuliner favorit orang Indonesia. Selain itu pembuatannya yang mudah sehingga kamu bisa membuat nya sendiri dirumah. Namun jika malas membuat nya, tak ada salahnya untuk membeli nasi goreng di kaki lima yang rasanya tak kalah lezat. Biasanya penjual nasi goreng banyak beroperasi pada malam hari hingga tengah hari.

2. Gudeg

Saat sedang berlibur di Kota Jogja, tak ada salahnya menikmati kuliner khas nya yaitu Gudeg. Kebanyakan penjual Gudeg di Kota Jogja menjajakan kulinernya pada sore hari hingga subuh, jadi kuliner yang satu ini cocok dijadikan sebagai menu sahur. Satu porsi Gudeg, kamu akan disuguhkan dengan nasi putih, gudeg, krecek pedas, suwiran ayam, tahu, dan tempe. Rasanya dijamin maknyooss!

3. Oseng – oseng Mercon

Selain gudeg, ada juga oseng – oseng mercon yang merupakan kuliner khas Yogyakarta yang sangat pedas karena menggunakan cabai rawit sebagai bahan utamanya.  Tidak hanya namanya saja yang unik, makanan ini juga memiliki rasa yang sangat khas sehingga membuat orang ketagihan untuk menikmatinya. Makanan ini terbuat dari bahan dasar daging sapi, kikil, dan gajih. Bahan ini dimasak bersama bumbu khusus dan cabai rawit dengan cara dioseng – oseng. cabai rawit yang dipakai harus menggunakan perbandingan. Untuk 10 kg daging biasanya menggunakan 2 kg cabai rawit. Perbandingan ini dilakukan agar pedas yang dihasilkan seimbang dengan komposisi dagingnya.

4. Sate 

Seperti yang kita ketahui, jika kuliner sate merupakan salah satu kuliner yang menggunakan daging ayam atau kambing sebagai bahan utamanya. Daging tersebut di potong kecil – kecil lalu ditusukkan pada sebuah bambu kecil. Setelah itu, diberi bumbu penyedap seperti kecap dan bawang lalu kemudian di bakar di atas arang. Setelah matang disiram dengan saus kacang ( ada juga yang menggunakan kecap saja sebagai bumbunya ), potongan bawang merah, cabai dan lontong sebagai pelengkap. Tak hanya lezat namun juga mengenyangkan.

 

5. Angkringan

Nah, kuliner yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin kuliner enak, terdiri aneka macam, dan murah maka Angkringan lah solusi nya. Di sini kamu bisa menemukan aneka ragam menu enak dan wedangan hangat. Beragam lauk mulai dari nasi dengan isian orek tempe, nasi liwet hingga aneka sate kulit, sate hati ayam, sate usus serta telur puyuh bisa kamu temukan di angkringan ini. Selain harganya yang murah dan terjangkau, kebanyakan angkringan juga beroperasi mulai dari malam hari hingga dini hari.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.