Kuliner Berbahan Beras Ketan yang Bisa Ditemukan di Indonesia

Indonesia memang cukup terkenal dengan kuliner wisata nya yang beragam, oleh karena itu hal ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah. Berbagai macam makanan dan minuman tradisional hingga kuliner yang kini diberi sentuhan modern sehingga muncullah inovasi baru yang menjadi ciri khas tersendiri . Dari sekian banyak kuliner khas Indonesia, kudapan berbahan dasar beras ketan menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba. Apa saja sih kuliner yang berbahan dasar dari beras ketan? Mau tahu?  Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Tape Ketan

Pernahkah kamu mencoba tape ketan? Kudapan yang berbahan dasar dari beras ketan yang ditaburi ragi lalu dibungkus dengan menggunakan daun. Tapi, ada satu hal yang perlu diingat, karena tape itu makanan yang harus difermentasi terlebih dahulu. Jadi, akan membutuhkan waktu yang agak lama sampai kita bisa menikmatinya. Tape Ketan banyak di produksi di daerah Kuningan, Jawa Barat.

2. Lupis

Kue Lupis merupakan salah satu jajanan tradisional khas Jawa yang memiliki citarasa yang khas yaitu gurih, manis dan enak. Oleh karena itu kue lupis ini dari dulu hingga sekarang sangat banyak yang menyukainya, tidak hanya orang dewasa, anak – anak pun biasanya juga sangat menyukai jajanan tradisional ini. Kue lupis pada umumnya terbuat dari bahan beras ketan yang dikukus dan dalam penyajiannya dilumuri dengan saus gula merah (gula Jawa) dan ditaburi parutan kelapa.

3. Lemper

Berbahan dasar menggunakan beras ketan, dan biasanya lemper berisi abon atau daging ayam yang bercitarasa manis. Pembuatan lemper mencakup persiapan cincang daging ayam dan menanak ketan seperti menanak nasi (bisa ditambah dengan santan). Selanjutnya, daging ayam yang sudah dicincang dibungkus dengan ketan, lalu ketan ini dibungkus lagi dengan daun pisang dalam bentuk besar memanjang bentuknya seperti lontong , selanjutnya dikukus sampai masak dan didinginkan, setelah dingin bungkusan lemper yang memanjang itu diiris – iris melintang dengan ketebalan sesuai keinginan sehingga isi cincangan daging ayam terlihat.

4. Wajik

Wajik merupakan jajanan tradisional khas Jawa Tengah yang masih eksis hingga saat ini . Makanan ini masih sangat diminati oleh masyarakat setempat karena rasanya yang manis dan legit. Jika dilihat sepintas, jaja wajik ini sebetulnya mirip dengan wajik ketan yang biasa kita temui di pasar tradisional.  Kue ini menjadi makanan khas yang selalu dihidangkan kepada para tamu yang menghadiri upacara pernikahan.

5. Jaje

Tahukah kamu, jika Bali juga memiliki terdapat berbagai macam kuliner tradisional yang sayang sekali untuk dilewatkan. Salah satu kuliner tradisional khas Bali yang bisa kamu cicipi adalah Jaje Bali. Jaje Bali ini merupakan kue tradisional Bali yang memiliki rasa dan tampilan yang spesial. Biasanya camilan ini dijual di pasar – pasar tradisional dan bisa kamu temukan pada pagi hari. Berbagai macam jenis kue dari Jaje Bali ini dijual mulai dari kue – kue kering hingga kue basah. Menurut salah satu penjual jika kue basah cara penyajiannya harus ditambah dengan kelapa parut yang di tambahkan dengan siraman gula aren.

 

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.