Keunikan Taman Laut Bunaken yang Wajib Diketahui

Kita tentunya sudah tak asing lagi dengan Taman Laut Bunaken di Manado, bahkan keindahan bawah lautnya sudah terkenal di kalangan para pecinta diving di seluruh Indonesia bahkan hingga mancanegara. Obyek wisata Bunaken memiliki keunggulan berupa kekayaan alam bawah laut serta keindahan terumbu karang yang dapat memanjakan mata. Secara administratif, Bunaken termasuk ke dalam wilayah Kota Manado yang merupakan Ibukota Provinsi Sulawesi Utara. Walaupun kini sudah cukup terkenal sangat populer, Taman Laut Bunaken memiliki beberapa keunikan yang wajib untuk diketahui. Mau tahu apa saja? Daripada penasaran simak ulasan nya di bawah ini ya!
1. Di sekitar Pulau Bunaken terdapat taman laut yang menjadi bagian dari Taman Nasional yang juga mencakup lautan di sekitar Pulau Manado Tua, Siladen, dan Mantehage.
2. Letaknya yang berada di kawasan segitiga emas terumbu karang dunia yang menghubungkan dengan Laut Filipina, Laut Papua dan Laut Indonesia maka tak heran jika keindahan alam bawah lautnya patut diacungi jempol.
3. Di dasar laut nya kamu akan menemukan sejumlah reruntuhan kapal Jerman yang karam dan menjadi rumah bagi terumbu karang yang ada di kawasan Taman Laut Bunaken.
4. Jika ingin ke Taman Laut Bunaken disarankan berkunjung antara Bulan Mei hingga Bulan Agustus karena pada bulan tersebut ombak dan arus laut cukup tenang serta suhu udara nya pun cukup hangat yaitu antara 26 hingga 31 derajat Celcius. Maka dari itu, waktu tersebut sangat cocok untuk kamu yang ingin melakukan scuba diving.
5. Sebagai salah satu surga penyelaman dan snorkeling di dunia karena memiliki keindahan bawah laut yang mempesona berupa 390 spesies terumbu karang, 3.000 spesies ikan, spesies alga dan spesies rumput laut.
6. Memiliki 40 titik penyelaman, diantaranya 5 titik penyelaman terbaik menjadi spot favorit wisatawan untuk melakukan penyelaman. Lima titik tersebut antara lain Bunaken Timur, Reruntuhan Kapal, Puncak Barakuda, Mandolin, dan Tanjung Kopi.
7. Pada tahun 1974 , Taman Laut Bunaken di temukan oleh Nusantara Diving Club ( NDC ) yang merupakan klub selam tertua di Indonesia.  Setelah penemuannya, Bunaken pun dikembangkan dari wisata lokal hingga sekarang menjadi spot diving berkelas internasional.
8. Berbagai spesies ikan unik dan langka bisa kamu temukan di Bunaken seperti ikan duyung, barakuda dan unicornfish.
9. Pada tahun 1991, Taman Nasional Bunaken resmi didirikan dan menjadi salah satu diantara taman laut pertama di Indonesia.
10. Tahun 2005, Indonesia mendaftarkan taman nasional ini kepada UNESCO untuk dimasukan ke dalam Situs Warisan Dunia

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.