Hati – Hati Jika Bermain Air di Ketiga Pantai Ini, Tetap Patuhi Setiap Peringatan yang Diberikan

Malang dan sekitarnya memiliki potensi pariwisata yang sangat menarik dan lengkap untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Mirip dengan Kota Bandung yang memiliki daerah pegunungan yang menawarkan udara yang sejuk ditambah dengan panorama keindahan yang cantik. Sebelah selatannya terdapat beberapa pantai yang indah dan eksotis, salah satunya adalah Pantai Balekambang yang sudah tak asing lagi terdengar. Selain Pantai Balekambang, ada juga pantai – pantai lainnya yang tak kalah indahnya mulai dari Pantai Ungapan, Bajulmati, Jalangkung, Karangdowo, Bengkung, Ngudel dan Ngantep. Namun tahukah kamu dibalik keindahannya, pantai – pantai tersebut menyimpan potensi yang berbahaya seperti wisatawan yang menjadi korban ombak dan arus bawah yang tersembunyi. Menurut Mantan Kepala Unit Polisi Air Polres Malang yang kini menjadi Kabag Sumda Polres Malang, AKP Nyoto Gelar mengidentifikasi tiga pantai paling berbahaya di Malang Selatan. Diantaranya adalah:

1. Pantai Bajulmati
Pantai Bajulmati bisa dibilang kawasan pantai yang paling berbahaya karena terdapat ombak yang tak terduga. Disana juga terdapat pusaran ombak yang berada di bawah batu karang serta palung di dekat pantai. Pantai ini lokasinya berada di Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan.

2. Pantai Ngantep
Pantai berbahaya berikutnya adalah Pantai Ngantep yang berada di Desa Tumpakrejo Kecamatan Gedangan. Pantai ini memiliki ombak yang tak terlalu besar namun terdapat arus bawah yang sangat kencang sehingga dapat menyeret korban. Di pantai ini terdapat tiga arus bawah yang kencang yaitu pertama arus yang ke arah timur dan dimana arus tersebut akan membawa korbannya hanyut ke arah pantai namun biasanya orang yang terbawa arus timur ini akan selamat. Kedua adalah arus ke arah Barat yang akan membawa korbannya ke arah palung sehingga sulit untuk menyelamatkan diri. Ketiga adalah arus yang mengarah lurus atau biasa disebut arus tengah dan dimana jika korbannya terbawa arus ini kadang terseret ke palung kadang juga terdampar ke pantai.

3. Pantai Batu Bengkung
Pantai berikutnya adalah Pantai Batu Bengkuang yang berada di Desa Gajahrejo Kecamatan Gedangan. AKP Nyoto menuturkan jika karakteristik ombak yang berada di Pantai Batu Bengkuang hampir mirip ombaknya dengan ombak yang ada di Pantai Ngliyep. Ombak nya bisa mencapai ketinggian enam hingga tujuh meter. Sebab ombak setinggi ini kadang bisa menjangkau tebing yang biasa digunakan wisatawan menikmati pemandangan.

Jika berwisata ke pantai selatan Kabupaten Malang, jangan pernah meremehkan situasi. Seringkali kecelakaan terjadi, karena wisatawan mengabaikan peringatan bahaya. Misalnya larangan berenang. “Bahkan bendera tengkorak sebagai tanda bahaya yang dipasang di pantai sering hilang dicuri, padahal itu peringatan penting agar semua berhati – hati,” ungkap Nyoto. Patuhi setiap peringatan yang diberikan penjaga pantai atau tim SAR. Sebab mereka yang paling paham kondisi alam setempat.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.