Kereta Kerajaan Kota Cirebon

Kereta Kerajaan pastinya akan selalu ada pada setiap kerajaan. Namun tentu saja secara tampilan dari masing-masing kereta kerajaan tersebut akan berbeda. Hal ini tentu saja karena setiap kereta akan membawa identitas masing – masing dari kerajaannya. Dan hal ini juga terjadi pada Kereta Kerajaan Kota Cirebon. Kerajaan pada kota Cirebon ini juga menampilkan budaya yang ada pada kerajaan tersebut. untuk kerajaan di kota Cirebon ini menggunakan kereta yang terbuat dari kayu. Kereta kayu ini mempunyai dua sayap yang sangat megah ukurannya dan mempunyai ukiran yang sangat bagus. Kereta kerajaan Cirebon ini mempunyai warna merah pada sebagian besar kereta dan warna emas pada bagian tempat duduk dari kereta kerajaan tersebut.

Namun bentuk dari kereta kerajaan ini pastinya mempunyai makna tersendiri bagi  kerajaan Cirebon ini. Bentuk sayap pada kereta kerajaan ini serta bentuk gajah maupun singa barong juga mempunyai makna tersendiri. Ketiga bentuk tersebut adalah mencerminkan persahabatan kerajaan Cirebon dengan negara – negara lain seperti Timur Tengah, India maupun China. Sehingga memang makna dari bentuk kereta kerajaan tersebut adalah sebagai simbol persahabatan kerajaan Cirebon dengan negara tetangga. Hal ini karena bentuk gajah akan mencerminkan untuk persahabatan dengan negara India, sedangkan bentukan sayap pada kereta kerajaan ini adalah diyakini sebagai bagian dari burung bourag, yakni hewan yang digunakan oleh Rasulullah ini adalah untuk tanda persahabatan dengan negara Timur Tengah.

Sedangkan untuk bentuk barong pada ujung depan dari kereta kerajaan ini adalah bentukan naga yaitu sebagai simbol persahabatan untuk negara China. Karena mempunyai bentukan yang unik tersebut maka tidak heran jika kereta kerajaan ini disebut sebagai kereta kerajaan yang paling berbeda dengan kereta pada kerajaan yang lainnya. karena apabila dibandingkan dengan kereta pada kerajaan Solo maupun Yogyakarta, kereta ini terbilang kereta yang unik dan juga yang lokal. Maksudnya kereta ini dirancang dan dibuat oleh orang asli Cirebon. Sehingga benar-benar kereta kerajaan yang mempunyai bentuk dan ukiran yang unik ini adalah buatan dari warga lokal sendiri.

Kereta kerajaan ini biasanya digunakan untuk upacara. Dan yang unik lainnya dari kereta kerajaan ini adalah kereta ini hanya dapat dinaiki oleh raja maupun sultan saja, sedangkan untuk istri baik istri sultan tidak diperkenankan untuk naik di kereta kerajaan ini. Kereta ini pada saat berjalan akan ditarik oleh kerbau yang berwarna putih yang jumlahnya ada empat. Kerbau putih ini juga biasa disebut dengan Kebo Bule. Yang menjadi kereta kerajaan Kota Cirebon ini menjadi kereta kerajaan yang paling unik adalah karena bentukan dan juga ukirannya. Seorang ahli reparasi kereta kerajaan telah melakukan perjalanan untuk berkeliling untuk melihat setiap kereta kerajaan yang ada.

Namun sungguh mengejutkan karena kereta untuk kerajaan Cirebon ini dinobatkan sebagai kereta kerajaan terantik di dunia. Kereta kerajaan ini memang bukan kereta terbesar ataupun termahal, namun karena bentukan yang antik dari kereta ini serta mempunyai ukiran yang sangat unik maka membuat kereta kerajaan Cirebon ini menjadi satu-satunya kereta kerajaan yang mempunyai bentukan paling unik sehingga disebut sebagai kereta terantik di dunia. Kenyataan tersebut memang diakui oleh orang ini setelah berkeliling dunia untuk melihat setiap kereta kerajaan yang ada. Dan dengan jelas dia mengatakan bahwa ini adalah kereta kerajaan yang paling antik di dunia, bukan mewah namun antik.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.