Keindahan Raja Ampat Serta Berbagai Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Indonesia memang sebagai negara kepulauan sangat terkenal dengan wisata bahari nya, misalnya saja Raja Ampat yang lokasinya terletak di Papua Barat. Tempat wisata ini sangat banyak wisatawan nya baik lokal atau pun mancanegara. Ada banyak aktivitas yang dapat anda lakukan di tempat wisata Raja Ampat ini, diantaranya adalah:

Diving

Raja Ampat menawarkan keindahan alam bahari yang sangat menarik untuk wisatawan nya. Bagi anda yang menyukai aktivitas menyelam anda dapat mengunjungi tempat wisata ini, disini anda dapat menyelam dan menikmati keindahan pemandangan di bawah laut seperti terumbu karang, terowongan, terumbu karang datar dan masih banyak lagi. Sampai saat ini tercatat sudah hampir ditemukan sebanyak 250 lokasi penyelaman dan mungkin akan terus bertambah setiap minggu nya. Bagi anda yang ingin melakukan aktivitas menyelam di Raja Ampat, anda akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa terutama dengan adanya terumbu karang yang beraneka warna serta keanekaragaman hayati lautnya yang tidak tertandingi hingga luasnya terumbu karang keras.

Bird Watching

Aktivitas seru lain nya yang dapat anda nikmati selain menyelam di Raja Ampat ini adalah bird watching, lokasinya berada di Pulau Sawing Rai. Jarak tempuh yang diperlukan untuk anda bisa berkunjung ke Pulau Sawing Rai itu sekitar 1 jam jika anda berangkat dari arah ibukota Kabupaten Raja Ampat, Waisai. Apabila anda sedang berada di Pulau Sawing Rai, anda harus memasuki hutan terlebih dulu untuk melihat burung-burung cantik yang terdapat disana.

Disini anda juga dapat melihat berbagai macam burung-burung yang cantik secara dekat tanpa menggunakan alat bantuan seperti teropong, karena anda dapat melakukan proses pengamatan burung-burung cantik ini hanya dengan ketinggian dua meter. Di tempat ini terdapat burung Cendrawasih yang disebut-sebut menjadi ikon Papua. Burung ini merupakan daya tarik untuk para wisatawan nya ketika mengunjungi tempat ini. Selain burung Cendrawasih terdapat juga burung Nuri yang tidak kalah cantik nya, burung ini memiliki bulu yang sangat indah berwarna hijau. Mengenai tarif yang harus anda keluarkan untuk melakukan aktivitas bird watching ini sekitar Rp 10.000,00 per orang dengan waktu pengamatan yaitu antara pukul 7.00 sampai pukul 9.00 WIT serta pukul 16.00 sampai pukul 17.00 WIT

Menikmati Keindahan Sunrise

Jangan sampai anda lewatkan ketika berkunjung ke tempat wisata Raja Ampat ini, disini anda dapat menikmati sunrise pada pukul 05.00 WIT. Jadi, bagi anda yang ingin menikmati matahari yang terbit cantik ini anda harus bangun lebih awal. Selain anda dapat menikmati sunrise anda juga dapat menikmati suasana yang sunyi dan mendamaikan serta udara pagi yang sangat menyegarkan. Anda juga dapat membawa kamera untuk mengabadikan keindahan sinar matahari berwarna keemasan yang menyinari Raja Ampat.

Fish Feeding

Ada aktivitas yang menarik di tempat wisata ini yaitu Fish Feeding, disini para pengunjungnya akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat indah yaitu dengan adanya ikan-ikan yang berwarna-warni dalam jumlah yang sangat banyak. Sekumpulan ikan ini akan mendekati anda jika anda melemparkan makanan seperti biskuit atau pun roti ke dalam air. Kegiatan ini dapat anda lakukan secara gratis di Waisai. Selain Waisai, tempat menarik lain nya yang bisa anda kunjungi adalah Sawing Rai. Di tempat ini anda dapat melakukan aktivitas memberi makan ikan juga tapi sensasi yang diberikan berbeda, karena anda dapat memberikan makan ikan langsung ke dalam air dengan caranya yaitu tangan anda terlebih dahulu di lumuri adonan terigu setelah selesai anda dapat memasukkan tangan anda ke dalam air, banyak ikan yang akan menghampiri tangan anda mulai dari ikan yang berukuran besar sampai ikan yang berukuran kecil Ketika ikan-ikan tersebut menghampiri tangan anda, ikan-ikan tersebut akan menggigit jari-jari anda sehingga akan menimbulkan rasa geli. Silahkan mencoba!

Berburu Oleh – oleh

Mencari oleh-oleh adalah kegiatan yang wajib anda lakukan apabila anda berkunjung ke suatu tempat wisata, hal ini juga dapat anda lakukan di tempat wisata Raja Ampat ini. Anda dapat berbelanja souvenir khas Raja Ampat dengan sangat mudah seperti hiasan topeng raksasa, patung ukiran yang terbuat dari kayu, beraneka macam kalung, dan lain sebagainya. Selain di Raja Ampat anda juga dapat berburu souvenir di Pulau Arborek, untuk menempuh jarak ke tempat tersebut anda menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam dari Waisai. Ciri khas souvenir yang terdapat di Pulau ini adalah topi yang bentuknya menyerupai ikan pari manta.

Mungkin itu beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan ketika berkunjung ke Pulau Raja Ampat ini. Selain menawarkan keindahan yang sangat luar biasa, tempat ini pun bisa dijadikan sebagai spot fotografi yang sangat menarik.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.