Menikmati Keindahan Pulau Lengkuas dari Atas Ketinggian Mercusuar

Kepulauan Bangka Belitung memiliki banyak pulau indah yang memberikan kepuasan tersendiri bagi siapa saja yang berkunjung. Kepulauan Bangka Belitung bahkan sudah dikenal oleh wisatawan mancanegara karena keindahan panorama pantainya. Salah satu pulau yang cukup mempesona diantara pulau kecil lain di Bangka Belitung ialah Pulau Lengkuas. Datang kemari memberikan pesona pemandangan pantai dan laut yang cukup unik dan tentunya mempesona.

Menikmati Beragam Kegiatan Seru di Pulau Lengkuas

Berkunjung ke Pulau Lengkuas memang memberikan kesempatan memandang cakrawala pantai yang luas dan juga indah. Pulau yang cukup kecil dengan luas tidak lebih dari satu hektar ini sering menjadi destinasi wisatawan. Ada banyak hal menarik yang bisa ditemui dan dinikmati selama singgah disini, diantaranya adalah:

1. Menaiki mercusuar

8331092265_40b3356733_z

Pulau Lengkuas memiliki mercusuar bersejarah yang dibangun oleh tentara kolonial di tahun 1882 silam. Keberadaan mercusuar ini sampai sekarang masih aktif menjadi pengatur lalu lintas bagi semua kapal yang melewati atau menepi disini.

Mercusuar dengan ketinggian 50 meter inipun dibuka untuk umum sehingga wisatawan bisa masuk dan naik ke puncaknya. Melihat keindahan pulau tentu akan semakin maksimal pesonanya jika ditilik dari titik tertinggi, demikian ketika memutuskan menjajal naik ke bagian atas mercusuar dan melihat apa yang terbentang di depan mata. Namun sebelum sampai ke puncak dan bersenang – senang terlebih dahulu pengunjung perlu bekerja keras. Sebab perlu melewati ratusan anak tangga yang lumayan melelahkan sebelum sampai ke puncaknya.

2. Berenang di laut lepas

pulau-lengkuas-bangka-belitung-by-kusdwilestarin

 

Seharian berada di atap mercusuar tentu bukan lagi hal yang seru dan menarik untuk dilakukan sepanjang hari. Kegiatan alternatif lain yang juga seru dilakukan disini ialah dengan memilih berenang di laut lepas. Terdengar mengerikan ya? Padahal, kondisi Pulau Lengkuas yang diapit oleh beberapa pulau menjadikan air lautnya lebih tenang. Menceburkan diri dan berenang hingga sedikit jauh dari bibir pantai masih cukup aman dilakukan. Berenang bisa menjadi pilihan sebab air disini cukup jernih berwarna biru kehijauan yang indah.

3. Bermain di tepi pantai sambil berfoto

lengkuas-bawah

Semua pulau di kepulauan Bangka Belitung terkenal akan bebatuan granit di pantainya yang terlihat indah dan mempesona. Sekedar menghabiskan waktu menyusuri pantai sembari melihat pemandangan sekitar tidak akan membosankan. Justru menjadi kegiatan yang menyenangkan sebab setiap sudutnya menghantarkan keindahan berbeda. Kebanyakan wisatawan sering memanfaatkan bebatuan granit yang indah secara alami untuk mengambil foto. Siapa yang tidak gemar berfoto? Apalagi didukung oleh pemandangan alami yang rupawan akan memberikan nilai tambah kepada setiap jepretannya.

4. Menyantap kesegaran buah kelapa

img_00000347

Semua daerah pantai pasti identik dengan buah kelapa, hal serupa berlaku ketika berkunjung ke Pulau Lengkuas. Hampir di sepanjang kawasan pantainya terdapat banyak warung yang menyediakan es kelapa lengkap dengan batoknya. Menikmati hembusan angin beragam dan perpaduan pemandangan yang sempurna semakin terasa nikmat. Ketika menyantap kelezatan buah kelapa muda yang lembut dan manis, sekaligus kesegaran air kelapanya.

Ada sekian kegiatan yang akan membantu menikmati kunjungan ke Pulau Lengkuas selama liburan semakin berkesan. Selain menyediakan hamparan pemandangan kebiruan khas laut yang indah dengan banyak pulau putih hijau di beberapa titik. Berkunjung kesini juga memberikan wisata sejarah dari mercusuar yang ditinggalkan masa pemerintahan kolonial. Mengeksplorasi keindahan Pulau Lengkuas memang tidak cukup hanya satu atau dua hari, jika penasaran segera saja terbang kesini.

Share this:

Leave a comment