Dibalik Namanya yang Unik, Pantai Jungwok Memiliki Tempat yang Asyik Untuk Menikmati Keindahan Alam

Gunungkidul Yogyakarta memang cukup terkenal dengan destinasi wisata pantainya yang unik dan beragam. Jadi pantas rasanya jika wisata pantai di Gunungkidul masuk ke dalam list agenda liburan kamu kali ini untuk menghilangkan penat. Selain itu di pantai – pantai daerah Gunungkidul ini terkenal dengan pasir yang berwarna putih dan menambah pemandangan semakin elok. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi adalah Pantai Jungwok yang terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Yogyakarta. Nama pantai ini memang unik dan memiliki tempat yang asyik untuk menikmati keindahan alam. 

Suasana di pantai Jungwok sangtlah berbeda dengan Pantai Indrayanti, Sadranan, Baron atau Sundak yang telah memiliki fasilitas lengkap dan sangat ramai. Pantai Jungwok lebih sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin camping atau hanya sekedar ingin mengunjungi tempat – tempat yang antimainstream. Untuk sampai ke pantai ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam berkendara dari pusat kota Yogyakarta. Sesampainya di pantai tersebut, kamu akan disuguhkan dengan keindahan alam berupa hamparan pasir pantai yang putih dengan air laut yang jernih dan pemandangan karang – karang besar di sekitar pantai yang berfungsi sebagai pemecah ombak.

Jaraknya yang cukup jauh membuat pantai ini kurang populer di bandingkan pantai lainnya yang berada di kawasan Gunungkidul. Namun tak perlu khawatir, pemandangan alam nya tak kalah indahnya dengan pantai – pantai lainnya yang ada di Gunungkidul. Wisatawan yang datang ke pantai ini pun terbilang cukup sedikit sehingga terasa seperti berada di pantai pribadi. Meskipun memiliki garis pantai yang cukup pendek yaitu sekitar satu kilometer, tak mengurangi keindahan dari pantai ini. Di sekitar kawasan pantai terdapat karang berlubang, sehingga ketika ada ombak besar menghantam karam kemudian berbuih dan masuk ke dalam karang.

Sebagai pantai yang terletak di Pesisir Selatan Pulau Jawa yang memiliki ombak tinggi, diharapkan kepada wisatawan yang berkunjung untuk tidak berenang di pantai ini. Pantai Jungwok bertetangga dengan Pantai Wediombo dan Pantai Greweng. Waktu yang sangat pas untuk berkunjung ke Pantai Jungwok adalah saat waktu matahari terbit di pagi hari. Meskipun tak seramai pantai – pantai lainnya, di kawasan Pantai Jungwok juga tersedia beberapa fasilitas seperti MCK dan warung – warung yang dibuka oleh warga sekitar.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.