Ke Lamongan, Kurang Afdal Kalau Belum Mencicipi Kuliner Berikut Ini

Lamongan merupakan sebuah Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Letaknya yang berada di kawasan pesisir membuat Lamongan memiliki sejumlah destinasi wisata bahari yang sayang untuk dilewatkan. Tak hanya terkenal wisata bahari nya saja, namun Lamongan juga terkenal dengan wisata kuliner khas nya yang mengguggah selera. Di bawah ini ada beberapa kuliner khas Lamongan yang bisa kamu cicipi ketika berkunjung ke Lamongan. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Soto Lamongan

Soto Lamongan merupakan salah satu kuliner khas Lamongan yang sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia. Berbeda dengan soto pada umumnya yang dimana kuahnya cenderung cair namun tidak dengan Soto Lamongan ini yang memiliki kuah yang cenderung kental dengan cita rasa yang khas. Dalam satu porsi Soto Lamongan berisikan bihun, kol, potongan ayam, dan bumbu koya yang membuat kuliner ini semakin lezat. Soto Lamongan paling nikmat disantap selagi hangat ditemani dengan nasi putih.

2. Nasi Boranan

Nah, buat kamu yang sering bepergian melewati jalur pantura Lamongan – Surabaya, tentu sudah tidak asing lagi dengan penjual nasi boranan yang berjejer rapi di sepanjang trotoar Jalan Panglima Sudirman, Lamongan. Dinamakan nasi boran karena penjual yang mayoritasnya ibu – ibu menggunakan boran yaitu sejenis wadah yang terbuat dari anyaman bambu. Nasi Boran merupakan kuliner khas dan asli Lamongan yang terdiri dari nasi hangat yang dicampur dengan urap, kuah kare kental, Gimbal Lentho dan rempeyek. Penyajiannya bukan di atas piring melainkan di pincuk. Untuk tambahan, ada berbagai macam lauk pauk yang bisa dipilih mulai dari perkedel, sate puyuh, sate usus, dadar, ayam goreng, bandeng hingga yang paling khas, ikan Sili.

3. Bandeng Colo

Bandeng colo ini sangat terkenal karena rasanyanya yang nano nano. Menu kuliner ini di sajikan dengan bumbu sambal yang pedas yang bercampur dengan masamnya jeruk nipis sehingga rasanya unik. Di lamongan hanya 1 tempat saja yang menjual kuliner bandeng colo ini, yaitu berada di Jalan Sunan Giri Kota Lamongan.

4. Wingko Babat

Lamongan yang berbatasan dengan kota babat yang memang terkenal sebagai pusatnya wingko, sehingga jajanan ini lebih dikenal dengan sebutan wingko babat. Wingko sendiri adalah camilan atau kue yang terbuat dari  ketan dan kelapa dengan rasa manis. Bentuknya bulat dan  berwarna cokelat. Terdapat 3 jenis wingko yang bisa dicoba, wingko kelapa, wingko rasa nangka dan wingko cokelat namun wingko kelapa yang menjadi favoritnya. Wingko Babat sangat cocok dijadikan sebagai oleh – oleh karena dapat bertahan selama 4 hari dalam lemari pendingin.

5. Es Dawet Siwalan

Kita tentu sudah tak asing lagi dengan minuman yang berwarna hijau ini ? Menggunakan tepung beras sebagai bahan utamanya menjadikan es dawet terkenal di kalangan masyarakat. Di daerah Lamongan tepatnya di pesisir Paciran, ada juga es dawet yang cukup terkenal. Namun bukan es dawet hijau, melainkan es dawet siwalan yang berwarna kuning kecoklatan. Warna tersebut dihasilkan dari buah pohon siwalan yang digunakan sebagai bahan pembuatan dawet.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.