Mengisi Liburan Akhir Pekan dengan Berkunjung ke Kampung Kurcaci Ini Yuk!

Pernah mendengar obyek wisata Kampung Kurcaci? Mungkin sekilas Anda akan berpikir kampung kurcaci adalah sebuah perkampungan yang dimana di dalamnya terdapat kurcaci – kurcaci seperti di film – film. Namun pernyataan tersebut bisa Anda tepiskan dengan melihat sebuah destinasi wisata yang terdapat di Desa Wisata Serang di Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Di kawasan 3,5 Ha dan tepatnya di ketinggian 3.428 mdpl, Anda akan menikmati keindahan alam serta udara yang sejuk karena kawasan tersebut dikelilingi dengan pepohonan yang umurnya sudah puluhan tahun.

Meskipun dinamakan Kampung Kurcaci namun perkampungan tersebut tidak dihuni oleh orang – orang yang bertubuh kecil dan mungil melainkan awalnya bangunan yang ada di kawasan tersebut berukuran kecil dan hanya disiapkan untuk sekolah alam bagi anak – anak di desa. Menurut sang pengelola, kawasan tersebut dibuat untuk menyiapkan sekolah alam bagi anak – anak desa dan untuk menarik minat anak – anak tersebut maka dibuatlah rumah kurcaci.  Banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan tersebut untuk mengisi liburan atau sekedar jalan – jalan saja.

Nah, jika Anda berkesempatan masuk ke kawasan tersebut maka rasakan layaknya seperti kurcaci  yang memiliki keterbatasan karena pohon – pohon di kawasan tersebut tumbuh dan menjulang tinggi ke atas. Lewat filosofi tersebut maka Anda dapat introspeksi diri bahwa pentingnya untuk saling menghormati, bersyukur serta berbagi. Di sekitar Kampung Kurcaci juga terdapat area bermain yang bisa Anda nikmati, diantaranya adalah Air Terjun Tarung, Curug Lawang, Rumah Kurcaci, Panggung Kurcaci, Camping Ground, Pendakian Gunung Kelir, Perpustakaan Alam, dan lain sebagainya. Di samping itu, di Kampung Kurcaci  ini wjaib menggunakan Bahasa Kromo Jawa. Uniknya pada saat loket masuk terdapat tulisan “Anda memasuki kawasan berbahasa Jawa Krama. Monggo guneman ngagem basa Jawi Krama (Mari berbincang menggunakan bahasa Jawa Krama)”.

Harga tiket masuk ke Kampung Kurcaci terbilang murah, hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5 ribu per orangnya dan Rp. 2 ribu untuk parkir sepeda motor. Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Purbalingga, Prayitno mengatakan jika Kampung Kurcaci berada di area milik PT Perhutani. “Pengelola dalam kapasitas sebagai masyarakat anggota LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) tengah menyiapkan kerjasama dengan Perhutani. Kami berharap, Perhutani memberi kemudahan dalam pengelolaan karena prinsipnya, masyarakat tidak merusak tanaman hutan utama berupa pohon damar,” kata Prayitno.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.