Pemandangan Terbaik Gunung Semeru Meski Tidak Sampai Puncak

Jawa Timur memiliki sekian gunung indah yang sangat populer di kalangan wisatawan maupun pendaki gunung. Kita tidak hanya dimanjakan oleh keindahan Gunung Bromo, sebab masih ada Gunung Semeru yang menawarkan sejuta keindahan. Meski pendakian tidak dilakukan hingga sampai ke puncaknya, sebab sepanjang perjalanan Kita mendapati pemandangan yang menarik. Gunung Semeru secara geografis berada di wilayah perbatasan antara Kabupaten Malang dengan Lumajang.

Kebanyakan pendaki gunung memiliki pemikiran bahwa tujuannya mendaki ialah untuk sampai di puncak gunung yang didaki. Meski tidak sepenuhnya sebab ketika sampai di puncak tertinggi Kita akan disuguhi pemandangan yang sangat luar biasa. Namun, pendakian di Gunung Semeru tanpa harus sampai ke puncaknya Kita sudah bisa memanjakan mata. Ada beberapa wilayah di sekitar lereng gunung yang terkenal akan keindahannya dan menjadi magnet bagi wisatawan.

Area Terbaik di Sekitar Lereng Gunung

Datang ke Gunung Semeru dan melakukan pendakian disana, Kita akan mendapati beberapa tempat berikut yang terkenal cukup indah dan unik:

1. Danau Ranu Kumbolo,
Danau di ketinggian 2.400 mdpl dari puncak Gunung Semeru disebut sebagai pusat inspirasi, cerita, dan juga canda tawa. Pemandangan yang disuguhkan membuat Kita seolah berada di sekitar pegunungan Himalaya. Nyaris semua pendaki yang melakukan penjelajahan keindahan di Gunung Semeru meluangkan waktu untuk mampir disini dan menikmati keindahannya. Danau yang dikelilingi oleh pepohonan pinus dan padang rumput yang terhampar luas.

2. Tanjakan Cinta,
Perjalanan pendakian pun harus dilanjutkan, tepat diatas Danau Ranu Kumbolo Kita akan menjumpai sebuah tanjakan. Tanjakan ini dikenal sebagai Tanjakan Cinta dan di sekelilingnya terdapat pepohonan pinus dan berbagai jenis rerumputan. Konon diceritakan bahwa bagi para pendaki yang berhasil melalui berbagai tanjakan disini akan mendapatkan cinta yang diinginkan. Syaratnya adalah selama berada di area tanjakan tidak menoleh ke belakang sehingga impian cintanya bisa menjadi kenyataan. Percaya ataupun tidak itu hak masing-masing dan banyak cerita yang membenarkannya.

3. Oro-oro Ombo,
Gunung Semeru memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pegunungan lain di kawasan Jawa Timur. Salah satu keunikan tersebut ialah terdapat Oro-oro Ombo yang merupakan lapangan rumput luas yang dipenuhi dengan Bunga Lavender. Seketika sampai di area ini Kita akan merasakan kebahagiaan yang sangat membuncah. Sebab tidak ada gunung lain yang memiliki suguhan Padang Lavender seperti yang dimiliki Gunung Semeru.

Ketika mendaki di musim penghujan Kita akan mendapati padang Lavender berwarna ungu. Sementara jika dilakukan di musim kemarau maka padang tersebut berwarna kuning keemasan. Keduanya memberikan pemandangan yang memanjakan mata, sehingga tidak harus menunggu musim tertentu untuk datang kesini.

4. Daerah Kalimati,
Sesampainya di daerah Kalimati maka pendakian pun berhenti sampai disini, sebab pihak dari Gunung Semeru melarang pendakian hingga ke puncak. Meski begitu Kita tetap bisa mendapatkan pemandangan terbaik untuk melihat kemegahan puncak gunung. Puncak gunung masih dalam kondisi yang berbahaya sehingga tidak ada yang boleh mendaki hingga kesana. Meski begitu melihat dari lokasi terdekat di Kalimati cukup memuaskan.

Disini Kita akan disuguhi pemandangan area lahan terbuka yang luas, yang dipenuhi oleh tanaman Edelwise di beberapa area. Kalimati pula menjadi daerah yang strategis untuk mendirikan tenda dan bermalam bersama dengan rombongan pendaki lainnya. Berbagai area menarik di sekitar lereng gunung sudah memberikan kepuasan tersendiri bagi para pendaki. Pengalaman mendaki yang berbeda bisa diperoleh dengan datang ke Gunung Semeru.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.