Eksotisme Dari Sepanjang Rute Menuju Gunung Bintan

Ada banyak keindahan yang memiliki sisi eksotisme entah dari dekat maupun kejauhan. Tentu saja sebagai suatu panorama yang tak biasa-biasa saja. Keindahan yang tak membosankan jika terus disaksikan dalam rentang waktu cukup lama. Seperti halnya dengan panorama dari sepanjang rute menuju Gunung Bintan yang ada di Kepulauan Riau. Keindahan dari Gunung Bintan memang dapat disaksikan dari banyak tempat, akan tetapi, terdapat view yang lebih istimewa untuk mendapatkan panorama maksimal.

Sepanjang jalan Bintan hingga Tanjungpinang adalah area yang tepat untuk memperoleh pemandangan yang sempurna dari Gunung Bintan itu. Menikmati perjalanan sekaligus keindahan dari tempat alam yang tampak begitu fresh dan asri. Suasana eksotis tampak berbeda di sepanjang jalur ini, sehingga wajib untuk diprioritaskan untuk hasil view perfect yang diinginkan itu.

Dari lokasinya, Gunung Bintan berada tepat di Kampung bekapur, Desa Bintan Buyu, kecamatan Teluk Bintan. Dengan ketinggian 400 meter di atas permukaan laut, Gunung Bintan menjadi satu-satunya area teringgi di Bintan. Jadinya disebut dengan gunung meskipun tak begitu tinggi. Gunung ini pun berjarak 55 km dari kota Tanjungpinang, sehingga sepanjang rute dalam menikmati panorama keindahan eksotis akan semakin optimal.

Gunung yang berada di tengah-tengah kota Bintan ini, mempunyai alur yang cukup menantang secara fisik maupun non dari kaki gunung menuju ke area puncaknya. Tetapi, untuk datang kemari, para wisatawan dapat menggunakan transportasi darat pribadi, dari sepeda onthel, motor maupun mobil. Di hari-hari biasa, para pengunjung berjumlah relatif sedikit, akan tetapi tidak jika sedang liburan maupun weekend. Tak sedikit barisan masyarakat dari kota maupun luar kota yang sengaja meluangkan waktu untuk menikmati keindahan eksotis ini sebagai destinasi utamanya.

Cukup dengan 5 ribu rupiah saja, Anda bisa memasuki tempat wisata populer di Bintan ini. Wisata alam dengan pepohonan dari hutan tropis yang tumbuh dengan suburnya menjadi tempat yang selalu sejuk dan memiliki hawa cenderung dingin. Pepohonan bersangkutan meliputi pohon buah, pohon petai, dan tetumbuhan lainnya yang tumbuh beriringan di sepanjang kaki hingga area puncak gunung.

Para masyarakat pun memanfaatkan area dari Kaki Gunung Bintan sebagai lahan pertanian. Hasil pertanian tersebut seperti durian, petai dan buah lainnya yang berbuah di musim tertentu. Bahkan di Gunung ini terdapat pepohonan yang telah ada sejak puluhan hingga ratusan tahun silam, tepatnya di masa Kerajaan Bintan.

Memasuki tempat wisata Gunung Bintan, telah disediakan oleh beragam akomodasi seperti tempat parkir, tempat makan oleh warung-warung yang di sekitar destinasi. Tak hanya keindahan dari luar Gunung Bintan saja, karena di Gunung ini terdapat objek wisata lain yakni air terjun, kemudian terdapat pula area untuk berkemah, tracking dan olahraga alam seperti mendaki dan lainnya. Telah ada peta petunjuk di sisi kanan pintu masuk sebagai pedoman untuk menuju ke area wisata yang diinginkan.

Dari kaki gunung menuju ke area puncak, dibutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam lamanya. Tak perlu cemas, telah tersedia akomodasi penunjang menuju ke beberapa area wisata yang diinginkan. Seperti ke air terjun yang telah ada tangga yang nyaman untuk dilintasi. Mengunjungi air terjun akan menemui hasil yang menyenangkan, bilamana di musim hujan karena di musim kemarau debit air yang dimiliki cukup sedikit. Dengan air berlimpah, kesegaran dan bermain di genangan maupun di air terjun secara langsung akan lebih menyenangkan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.