Yuk Lihat Golden Sunrise Terindah Se – Asia Tenggara

Siapa yang tak kenal dengan ketinggian dataran tinggi Dieng? Dieng memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Berada di ketinggian 2.093 mdpl, dataran tinggi Dieng memiliki udara yang sejuk lengkap dengan kabut saat matahari tidak muncul di langit. Jika kamu ingin melihat negeri di atas awan maka Dieng lah salah satu kawasan terbaik yang bisa kamu pilih. Dieng letaknya berada di dalam dua kawasan yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif dan dapat dikatakan sebagai Gunung Api Raksasa yang memiliki beberapa puncak dan kepunden kawah. Salah satu tempat yang paling eksotis untuk menikmati keindahan dunia atas awan adalah Bukit Sikunir.

Bukit Sikunir merupakan salah satu tempat wisata di kawasan dataran tinggi Dieng yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik di hari libur maupun di hari biasa. Lokasinya yang berada di ketinggian 2263 mdpl membuat tempat ini sangat dikenal dengan golden sunrise terbaik se – Asia Tenggara yang menyapa para wisatawan di setiap pagi nya. Nah, jika kamu ingin melihat golden sunrise di Bukit Sikunir maka kamu bisa memulai pendakian dari pukul 4 pagi WIB. Trek menuju Bukit Sikunir pun terbilang cukup mudah untuk dilalui dan hanya membutuhkan  waktu tempuh sekitar 30 menit saja. Sesampainya di atas, kamu bisa beristirahat di sebuah pendopo yang berhadapan langsung dengan Gunung Sindoro dan perbukitan hijau. Karena berada di sisi timur, matahari akan terbit dari sela – sela bukit tersebut.

Tak hanya keindahan sunrise nya saja, namun keindahan lainnya yang bisa kamu temui adalah pemandangan gunung – gunung yang berejer seperti Gunung Sindoro, Gunung Slamet, Gunung Pakuwaja dan lain sebagainya. Barisan perbukitan dan pegunungan dengan kerlip lampu desa – desa dibawahnya menjadi pemandangan yang menakjubkan sebelum matahari beranjak menerangi kawasan tersebut. Jika akhir pekan tiba, Bukit Sikunir akan ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat sunrisenya. Apabila kamu tidak dapat melihat sunrise, maka tak ada salahnya mencoba untuk mengeksplorasi Bukit Sikunir menuju Puncak 2 dengan melewati jalan setapak. Dari Puncak 2 tersebut, kamu akan melihat keindahan alam yang sangat mempesona.

Banyak wisatawan yang mengincar pemandangan golden sunrise dai Bukit Sikunir, namun pemandangan yang berbeda bisa kamu lihat dari Puncak 2 yaitu berupa Telaga Cebong. Dengan berjalan sekitar lima menit untuk menuju Puncak 2 maka kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang indah dari Telaga Cebong. Telaga Cebong ini merupakan salah satu obyek wisata Dieng yang tak pernah sepi pengunjung karena lokasinya yang berada di sebelah area parkir Bukit Sikunir. Konon Telaga Cebong ini terbentuk akibat aktivitas vulkanik yang merupakan bekas kawah purba. Awalnya Awalnya telaga ini memiliki luas kurang lebih 18 ha, namun karena terjadi proses abrasi, maka terjadi penyempitan permukaan air telaga, sehingga saat ini luas Telaga Cebong tersisa sekitar 12 Ha. Tak hanya sebagai destinasi wisata, Telaga Cebong juga berfungsi untuk mengairi ladang warga.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.