Destinasi Wisata Alam di Kota Jogja Sangat Cocok Dikunjungi Ketika Hari Libur Tiba

Yogyakarta atau Kota Jogja merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia yang memiliki otonomi khusus, yang dimana bentuk pemerintahannya berupa Keraton. Selain itu juga Jogja terdapat banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi ketika hari libur tiba. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja, wisata kuliner hingga wahana wisata bisa kamu temukan di Kota Jogja. Saat ini banyak obyek wisata baru yang bermunculan terutama berhubungan dengan alam. Obyek wisata alam di Jogja terdiri dari wisata gunung, wisata air terjun, wisata gua, wisata hutan, wisata pantai bahkan saat ini juga banyak bermunculan desa – desa wisata.

Gunung dan Bukit

Gunung dan Bukit bisa dibilang menjadi destinasi favorit para wisatawan yang datang berlibur ke Kota Jogja, mengingat banyak obyek wisata gunung disana. Sebut saja Gunung Merapi dan Perbukitan Menoreh yang terkenal dengan gardu pandangnya.

1. Gunung Merapi.

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api di Indonesia yang statusnya masih aktif yang letaknya di tengah Pulau Jawa. Gunung ini memiliki ketinggian 2.968 mdpl dan banyak wisatawan yang melakukan pendakian di gunung ini. Untuk ukuran gunung sebagai sebuah obyek pendakian, Gunung Merapi tidak terlalu tinggi dan jalur pendakiannya pun tidak terlalu panjang meskipun memang cukup curam. Selain mendaki berbagai aktivitas lainnya yang bisa kamu lakukan adalah menjelajahi lereng gunung dengan menggunakan mobil jeep, menikmati matahari terbit dan tenggelam, dan juga bisa berkunjung ke Museum Sisa Hartaku.

2. Perbukitan Menoreh.

Obyek wisata lainnya yang menjadi tempat favorit para wisatawan berkunjung adalah kawasan perbukitan Manoreh. Perbukitan ini lokasinya tidak terlalu jauh dari Candi Borobudur dan terkenal dengan keindahan alamnya yang sangat alami. Dari atas bukit ini kamu dapat menikmati mentari pagi di Candi Borobudur. Hal yang paling banyak dicari dari perbukitan ini adalah suasana alamnya dan keindahan melihat matahari pada pagi hari dan sore hari. Selain itu juga disana terdapat tiga buah gardu pandang yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yakni Puncak Suroloyo, Puncak Sariloyo, dan Puncak Kaendran. Jika suatu saat kamu memutuskan untuk berlibur ke kawasan ini jangan lupa untuk membawa kamera terbaik yang kamu miliki.

Gua

Selain Gunung dan Bukit ada juga Gua yang bisa dijadikan sebagai lokasi wisata selama kamu berlibur di Kota Jogja. Beberapa gua yang sudah cukup terkenal adalah Gua Pindul, Gua Cerme, dan Gua Jomblang. Namun masih ada lagi gua – gua yang kurang terkenal namun tak ada salahnya jika kamu coba untuk kunjungi misalnya seperti Gua Kiskendo yang berada di Kulon Progo.

– Gua Pindul, merupakan salah satu gua asli di Indonesia yang biasa digunakan sebagai lokasi cave tubing. Cave Tubing sendiri adalah kegiatan yang bisa kamu lakukan dengan cara menyusuri aliran sungai bawah tanah yang berada di bawah gua dengan menggunakan ban pelampung.
– Gua Cerme, gua ini berada Bantul dan menyuguhkan keindahan panorama dari sungai bawah tanah stalagtit dan stalagmitnya, tetapi juga menawarkan kekuatan mistis yang sampai saat ini masih digunakan untuk melakukan ritual.
– Gua Jomblang, gua vertical yang ada di Gunung Kidul ini memang memerlukan usaha keras agar bisa mencapainya. Sebab wisatawan harus menggunakan tali untuk merambat ke dinding gua, dan turun secara perlahan agar bisa menyaksikan cahaya vertical yang masuk dalam gua atau biasa disebut sebagai cahaya surga.

Pantai

Sama seperti daerah lainnya, di Jogja juga terdapat obyek wisata alam berupa Pantai. Tak hanya Pantai Parangtritis saja, namun disana juga terdapat beberapa pantai yang masih sangat sepi dan alami. Beberapa pantai yang menjadi favorit para wisatawan adalah Pantai Parangtritis, Pantai Depok, Pantai Siung, Pantai Indrayanti, Pantai Krakal, dan Pantai Sundal Kuwaru. Pantai – pantai tersebut memiliki keindahan alam berupa hamparan pasir putih di tepi pantainya dan juga air laut yang berwarna biru muda dan jernih. Keindahan tersebut akan bertambah dengan adanya matahari terbit dan tenggelam yang dapat disaksikan dari bibir – bibir pantai. Bagi wisatawan yang ingin mencari sensai yang berbeda dari sebuah pantai, coba datang ke Pantai Timang. Disini, wisatawan akan menyeberangi Pulau Timang dari arah bukit pantai dengan menggunakan kereta gantung dan bersiaplah mendengar suara deburan ombak selama perjalanan menuju pulau. Jika berani masukkan lokasi ini sebagai daftar obyek wisata Jogja.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.