Berwisata di Dataran Tinggi Gayo

Aceh merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan kentalnya budaya Islam. Namun dibalik itu semua ternyata Aceh menyimpan sejumlah tempat wisata yang menarik dan patut dikunjungi. Salah satu tempat wisata sekaligus tempat ibadah yang terkenal dan menjadi ikon kota Aceh adalah Masjid Baiturrahman. Disana Anda bisa melakukan wisata religi tanpa harus jauh – jauh ke Arab. Maklum saja karena masjid tersebut sudah mirip dengan masjid – masjid yang ada di Arab. Selain di masjid tersebut, adakah tempat wisata lain di Aceh? Lebih jelasnya Anda bisa simak ulasan berikut ini.

Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar merupakan danau yang sangat menjadi ikon bagi warga Aceh. Sehingga saat berkunjung ke Aceh sayang sekali rasanya jika tidak mengunjungi tempat wisata ini. Di tempat ini Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang sangat indah dan sejuk. Wajar saja karena danau yang satu ini dikelilingi dengan kawasan perbukitan yang sangat indah. Danau ini juga masih bersih dan alami. Sehingga tak heran jika Anda bisa melihat pantulan wajah Anda secara jelas saat melihatnya dari permukaan.

Pantan Terong

Selain danau, daerah dataran tinggi Gayo juga menawarkan wisata lainnya yakni wisata pemandangan perbukitan yang sangat menarik dan memukau, tempat wisata tersebut dikenal dengan nama Pantan Terong. Selain melihat pemandangan yang memukau, melalui tempat ini Anda bisa melihat hamparan kota Takengon secara jelas. Ditambah lagi dengan panorama Danau Laut Tawar yang tampah indah dari perbukitan ini. Bukan hanya menyajikan pemandangan alam saja, wisata di Pantan Terong ini juga menyajikan aneka atraksi budaya yang sangat menarik. Bahkan jika beruntung Anda bisa menyaksikan balapan kuda di tempat wisata ini.

Wih Terjun

Wih Terjun merupakan salah satu wisata yang terdapat di dataran tinggi Gayo. Tepatnya berada di kecamatan Pegasing, Aceh Tengah. Di kawasan ini Anda bisa menjumpai air terjun yang ketinggiannya bisa mencapai 25 meter. Uniknya lagi di kawasan ini tak hanya terdapat satu air terjun saja. Namun ada beberapa tempat wisata air terjun. Jadi tak heran jika kamung disekitarnya disebut dengan kampung air terjun atau sesuai bahasa daerah setempat adalah Wih Terjun.

Pantai Menye

Pantai Menye atau disebut juga dengan Pantai Manja merupakan salah satu objek wisata yang bisa dikunjungi saat berada di dataran tinggi Gayo. Pantai yang satu ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Terutama pada saat matahari terbenam. Panorama yang tersaji semakin indah. Pantai yang satu ini merupakan muara Danau Laut Tawar dan keduanya mash terhubung. Letak pantai ini juga sangat strategis. Jadi tak heran jika banyak pengunjung yang berbondong-bondong untuk mengunjungi pantaiyang satu ini.

Goa Loyang Koro

Goa Loyang Koro merupakan goa yang cocok sekali dijadikan tempat wisata. Terutama untuk Anda yang menyukai wisata goa. Goa ini merupakan goa alami sehingga keindahannya merupakan keindahan yang asli dari alam. Selain itu gua ini juga sudah bisa dimasuki oleh para pengunjung. Tak perlu khawatir, meskipun goa alam didalamnya sudah terdapat listrik yang bisa menerangi perjalanan Anda.

Ternyata banyak sekali bukan tempat wisata yang bisa ditemukan di dataran Gayo. Jadi saat Anda berkunjung ke Aceh ada baiknya luangkan waktu untuk mengunjungi berbagai macam objek wisata diatas. Dijamin dengan mengunjungi tempat wisata diatas liburan Anda ke bumi Serambi Mekkah ini akan semakin berkesan. Demikian informasi ini dan semoga bisa menambah referensi tempat wisata Anda.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.