Cara Lain yang Bisa Dilakukan Untuk Mendaki Gunung Bromo

Indonesia merupakan negara yang memiliki gunung api terbanyak di Indonesia, apalagi kawasan ini juga termasuk dalam jajaran ring of fire atau lingkaran api. Jadi tak heran jika tiap tahunnya selalu saja ada gunung meletus yang berada di kawasan ini. Fenomena alam yang satu ini sebenarnya bukan sesuatu yang harus Anda takuti, melainkan  harus Anda syukuri karena dengan begitu ada banyak tawaran wisata menarik terkait dengan gunung yang bisa Anda kunjungi. Bayangkan saja dengan negara yang tak memiliki gunung sama sekali, tentunya mereka akan terlihat sangat excited saat akan berkunjung ke kawasan dataran tinggi.

Gunung – gunung tersebut merupakan sebuah destinasi wisata alam yang sangat menarik bagi mereka yang menyukai hiking atau pendakian. Saat melihat ada gunung tinggi di depan mata tentunya Anda akan merasa tertantang untuk menaklukannya. Salah satu dari kawasan wisata gunung yang terkenal di Indonesia adalah Bromo. Gunung Bromo berada di daerah Jawa Timur tepatnya ada di kota Pasuruan. Kawasan wisata yang satu ini memang selalu ramai dengan kunjungan wisatawan, tak hanya pada hari libur saja melainkan tiap waktu. Tempat wisata ini hanya akan sepi saat kondisi alamnya tidak memungkinkan untuk lakukan pendakian, seperti saat ini Bromo memang tengah mengalami beberapa kali letusan.

Wisata Bromo tak hanya dikenal di dalam negeri saja, melainkan hingga mancanegara. Tak heran bahwa banyak diantara wisatawan asing yang ikut melakukan kegiatan pendakian, menariknya lagi tempat wisata ini juga kerap kali digunakan sebagai tempat untuk syuting. Setidaknya ada beberapa nama film yang memang memiliki latar Gunung Bromo sebagai lokasinya. Satu keunikan dari gunung ini adalah keberadaan dari suku Tengger yang memang sering melakukan upacara kesodo yaitu sebuah tradisi untuk melemparkan hasil bumi mereka ke tengah-tengah kawah, selain itu saat kamu menjelajah nantinya juga akan menemukan lautan pasir yang memang hanya dimiliki oleh Gunung Bromo. Hamparan pasir yang sangat luas bahkan kamu tak akan sanggup untuk mengarunginya.

Nah selain dengan berjalan kaki nyatanya banyak cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengarungi keindahan gunung yang satu ini, diantaranya adalah dengan menggunakan motor cross. Tentunya tak semua kawasan bisa di daki menggunakan kendaraan yang satu ini, namun dijamin bahwa bagi kamu yang menyukai petualangan dengan jiwa adrenalin ini adalah cara yang tepat untuk mencobanya. Berbekal beberapa bahan pangan dan juga minum perjalanan Anda mungkin bisa jadi akan lebih panjang dibandingkan pendakian biasa, namun juga dapat menjadi lebih menyenangkan.

Kondisi perjalanan memang tak ubahnya pegunungan pada umumnya yaitu menanjak dan berliku, namun dijamin bahwa ini tak akan terasa jika kamu menikmati pemandangan yang ada di sepanjang kawasan tersebut. Udara yang sangat sejuk ditambah dengan jajaran pohon – pohon pinus nan indah. Kamu bisa sekali – kali istirahat di spot yang tepat ketika lelah, mengingat perjalanan yang cukup panjang akan menguras tenaga dan jika kamu kurang konsentrasi bisa jadi akan sangat membahayakan. Nah di beberapa tempat istirahat nantinya jangan lupakan untuk berfoto.

Untuk dapat sampai ke puncaknya bukan perkara yang mudah mengingat kamu datang menggunakan kendaraan, jalanan terjal dan berbatu, bahkan karena kondisi lingkungan yang tak menentu terkadang jalan yang Anda lewati juga licin karena hujan. Untuk itu sangat disarankan bagi yang ingin mencoba berkendara hingga ke puncak Bromo lakukanlah di bulan – bulan tertentu seperti pada Juni hingga Agustus, karena daerahnya akan kering tanpa hujan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.