Bumi Pramuka Sibolangit Cocok untuk Kegiatan Ekstrakurikuler

Perkemahan Bumi Pramuka Sibolangit yang berada di Provinsi Sumatra Utara selalu ramai dikunjungi oleh siswa dari berbagai sekolah. Bumi perkemahan yang terletak di Sumut ini memang dikenal sebagai lokasi yang tepat untuk keperluan perkemahan atau camping. Maka hampir semua sekolah baik di dekat lokasi maupun di luar daerah memilih berkemah disini. Ada banyak kelebihan yang disuguhkan oleh Bumi Pramuka Sidolangit.

Kawasan Ekstrakurikuler Sekolah

Berkunjung ke Bumi Pramuka Sibolangit akan mendapati suasana yang tidak pernah sepi sebab memang menjadi destinasi kegiatan ekstrakurikuler sekolah-sekolah setempat. Kebanyakan sekolah mengadakan kegiatan Pramuka maupun bentuk kegiatan ekstrakurikuler di luar ruangan disini. Lokasinya memang tergolong lebih aman sebab berdekatan dengan pemukiman penduduk. Sehingga sangat cocok dijadikan media untuk memperkenalkan anak-anak sekolah dengan kegiatan alam.

Kontur tanah di kawasan Bumi Pramuka Sibolangit memang cukup landai sehingga memenuhi kriteria untuk berkemah. Mendirikan tenda menjadi lebih mudah ketika berada di kawasan dekat hutan dengan kontur yang terbilang rata. Selain itu, lokasi Sibolangit pun berdekatan dengan kawasan hutan dan juga perbukitan sehingga bisa mengajarkan para siswa. Melakukan penjelajahan alam dan melihat langsung bagaimana ekosistem di dalam hutan dengan beragam pepohonan, semak, dan hewan-hewan yang hidup di dalamnya.

Meski begitu kawasan Sibolangit sendiri tidak terdapat hewan-hewan berbahaya, sehingga aman dijelajahi oleh para siswa SD, SMP, maupun SMA dan anak kuliahan. Kebanyakan sekolah mengajarkan para siswa untuk menjelajahi hutan dengan cara yang benar. Kemudian belajar untuk membuat api unggun guna menghangatkan tubuh di alam terbuka. Berkemah di Sodilangit akan membantu para siswa beradaptasi dengan mudah di alam terbuka dengan segala fasilitas kamping yang terdapat di dalamnya.

Suasana tenang yang diberikan membuat kondisi untuk berkemah dan melakukan kegiatan di alam semakin terasa menyenangkan. Ditambah lagi dengan pemandangan alam yang sangat indah menjadi daya tarik tersendiri bagi para siswa. Selain sebagai lokasi kamping, Sibolangit sendiri bisa dijadikan lokasi untuk:

1. Menikmati kegiatan tour wisata alam yang murah dan juga mudah.
2. Menjadi lokasi yang mendukung untuk melakukan outbond atau berbagai game di luar ruangan.
3. Melakukan upacara perpisahan, dan berbagai kegiatan outdoor lainnya.

Meski menjadi destinasi untuk melakukan kegiatan di alam secara langsung namun kebersihan kawasan Sibolangit terjaga dengan baik. Pengelolaan yang tepat mampu menumbuhkan kesadaran semua pihak yang datang ke lokasi untuk berbagai tujuan. Mengolah sampah yang dihasilkan selama disana sehingga sepeninggal sekolah tersebut tidak ada sampah yang berceceran. Pihak pengelola pun menyediakan wadah-wadah sampah yang tersebar di titik strategis. Sehingga memudahkan para pengunjung untuk membuang sampah di tempatnya.

Akses Mencapai Bumi Pramuka Sibolangit

Sibolangit sudah cukup dikenal ole masyarakat di Sumatra Utara, akses menuju ke lokasi pun terbilang cukup mudah. Medan jalan yang dilalui tidak terlalu sulit sehingga memberikan kemudahan bagi para siswa untuk sampai di lokasi tanpa rintangan berat. Bumi Pramuka Sidolangit bisa dikunjungi dari kota Medan dengan menggunakan bus jurusan Kabanjahe. Bus ini bisa dinaiki di Terminal Simpang Pos Simalingkar dengan membayar sekitar Rp 15 ribuan.

Sebelum sampai di area Sibolangit, Kita perlu turun di depan gapura Sibolangit dan berlanjut ke naik ojek yang ada di dekatnya. Tarif untuk naik ojek ini adalah Rp 5.000 saja dengan jarak sekitar 2 kilometer, jika tidak ingin naik ojek bisa berjalan kaki bersama rombongan.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.