Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berlibur ke Jepang

Untuk kamu yang memiliki rencana untuk berlibur ke Jepang atau berkunjung ke rumah saudara kamu yang ada di Jepang, ada beberapa peraturan yang harus kamu patuhi loh dan hal tersebut berhubungan dengan alas kaki yang kamu gunakan. Beberapa aturan tata tertib pemakaian alas kaki saat kamu berkunjung ke Jepang sangat jauh berbeda dengan peraturan yang ada di Indonesia. Nah, berikut ada beberapa yang perlu kamu perhatikan jika berkunjung ke Jepang.

Shoes Rack
Biasanya saat kamu berkunjung ke Jepang pasti menemukan rak sepatu dan sandal di dekat pintu keluar. Lantai dari tempat tersebut pun dinaikkan sekitar 6 inci yang menunjukkan kamu harus melepas sepatu dan kemudian memakai sandal rumah yang berbentuk seperti sandal hotel. Meletakkan sepatu dan sandalnya pun harus dengan rapi ya di rak sepatu yang tersedia.

Batas Suci
Di rumah orang Jepang biasanya menyediakan satu ruangan yang biasa digunakan untuk menyambut tamunya. Ruangan tersebut terdiri dari satu meja besar dan dimana kamu duduk dengan beralaskan tikar yang terbuat dari bambu serta bantal duduk. Jika ingin masuk ke tempat tersebut kamu harus melepaskan sandal kamu yang sudah diberi jarak sekitar 1 hingga 2 inci antara jarak lantai dan tikar.

Sandal Toilet
Kebiasaan lainnya yang dilakukan oleh orang Jepang adalah menggunakan sandal toilet ketika masuk ke dalam toilet. Untuk menghormati kebiasaan tersebut maka kamu juga harus mengenakan selama berkunjung ke rumah orang Jepang.

White Shoes Khusus
Tak hanya dirumah saja, namun juga di sekolah bisa kamu temukan hal yang serupa yaitu di setiap sudut ruangan terdapat space untuk  alas kaki para siswanya. Alas kaki tersebut diganti dengan menggunakan sepatu berwarna putih yang telah disediakan di sekolah. Hal tersebut bertujuan untuk semua siswanya agar menggunakan alas kaki yang seragam dan tidak ada diskriminasi antar siswa alias ajang pamer.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.