Beberapa Hal yang Bisa Dilakukan Ketika Berkunjung ke Pasar Malam Sekaten

Siapa yang tak rindu dengan Jogja yang dimana kota ini selalu dikunjungi oleh para wisatawan dar Jakarta, Bandung, Surabaya dan Semarang. Bila berkunjung ke kota ini tak pas rasanya jika tidak menikmati wisata malamnya karena di Jogja banyak sekali tempat – tempat yang ramai dikunjungi bila malam tiba seperti salah satunya Sekaten. Mungkin sebagian dari kamu sudah tak asing lagi dengan Sekaten yang merupakan acara tahunan pesta rakyat di Keraton Yogyakarta secara turun temurun dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW setiap tanggal 5 bulan Jawa Mulud.

Untuk kamu  yang ingin berkunjung ke Jogja jangan sampai lupa untuk mampir ke acara tahunan ini. Biasanya acara ini digelar di Alun – Alun Utara Yogyakarta dan Surakarta. Pasar malam ini sangat menarik karena terdapat berbagai macam stan permainan anak, stan kuliner, beberapa wahana seru ala pasar malam, dan masih banyak lagi. Selain itu juga di pasar malam Sekaten ini terdapat panggung kesenian setiap malamnya yang dimana dar tiap – tiap kabupaten di Jogja akan menampilkan kesenian khas masing – masing daerah. Pesta rakyat ini diperuntukkan bagi semua kalangan mulai dari balita hingga dewasa. Supaya kamu tidak bingung ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan selama berkunjung ke Sekaten dan sayang banget kalau sampai dilewatkan.

1. Extreme Game

Di pasar malam Sekaten terdapat berbagai macam wahana permainan yang seru dan dapat memacu adrenalin kamu mulai dari kincir angin, kuda – kudaan, ombak banyu, kora – kora dan masih banyak lagi yang lainnya. Salah satu wahana yang mampu memacu adrenalin kamu adalah Kora – kora yang merupakan ayunan raksasa, ketika kamu menaikinya maka kamu akan merasa berayun dan terbang di awan.

2. Cemal – Cemil

Mungkin hal yang satu ini tak bisa lepas dari kebiasaan orang – orang yaitu cemal – cemil. Di pasar malam tersebut terdapat banyak sekali pedagang yang menjajakan berbagai macam camilan tradisional yang rasanya sangat nikmat mulai dari kerak telor, klepon, gethuk, arum manis, mendoan, dan masih banyak lagi.

3. Hunting Traditional Game

Nah, jika sudah mencicipi berbagai makanan tardisional jangan lupa untuk membeli sesuatu untuk dijadikan sebagai oleh – oleh. Biasanya pasar malam sangat identik dengan mainan – mainan tradisional yang dijual oleh para pedagang. Mainan tersebut berupa kapal otok – otok, gangsingan, gerabah warna – warni dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk harganya pun terbilang cukup murah yaitu sekitar Rp. 5 ribu hingga Rp. 15 ribu per itemnya.

4. Awul – Awul

Salah satu yang kerap menjadi buruan para pengunjung ketika datang ke Sekaten adalah dengan berkunjung ke kios pakaian bekas layak atau biasa disebut dengan “awul – awul” . Pakaian bekas ini dijual dalam keranjang besar dalam bentuk tumpukan segunung yang di dalamnya berisi aneka macam baju, celana, jaket, dan lain sebagainya. Buat kamu yang ingin menambah fashion item kamu di rumah, yuk buruan berkumpul ke stand awul – awul. Eits, buat kamu yang nggak tahan sama aroma semerbak di stand ini boleh banget siap masker untuk menyamarkan baunya.

5. Serba Seribu

Setelah puas mendapatkan baju – baju dengan merek ternama, stan selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah stan Serba Seribu. Dimana di stan tersebut kamu bisa mencari berbagai macam aksesoris, alat tulis, alat rumah tangga, dan lain sebagainya dengan harga serba Rp. 1000. Namun untuk barang yang ukurannya sedikit besar maka harganya sedikit lebih mahal yaitu Rp. 5 ribu.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.