Aneka Kuliner yang Bisa Kamu Temukan di Lampung

Lampung merupakan sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatera, Ibukotanya terletak di Bandar Lampung. Lokasinya yang berada di bagian selatan membuat Lampung memiliki berbagai destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Wisata alam dengan panorama keindahannya yang memukau menjadi obyek wisata yang dominan di wilayah ini seperti salah satunya adalah Pulau Pahawang yang sudah terkenal keindahan alamnya. Tak hanya terkenal dengan destinasi wisata alamnya saja, namun Lampung juga memiliki beragam makanan tradisional yang tentunya tak kalah nikmatnya dengan kuliner – kuliner lainnya. Nah, jika kamu belum tahu kuliner apa saja yang bisa kamu temukan di Lampung. Simak ulasannya dibawah ini ya!

1. Gulai Taboh

Gulai Taboh merupakan salah satu kuliner khas Lampung yang sudah ada sejak lama dan menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya. Sama seperti gulai lainnya, Gulai Taboh juga menggunakan tambahan santan hanya saja yang membedakan adalah bahan baku pilihan dan bumbu yang begitu khas. Sebagai bahan tambahan, biasanya menggunakan campuran kacang hijau dan tanah serta kentang dan rebung. Ada juga Gulai Taboh yang menggunakan ikan sungai dengan campuran tuba atau keluwek dalam proses memasaknya. Untuk menambah citarasa yang khas, tak lupa ditambah dengan bumbu daun sirih dan terasi.

2. Gabing

Gabing adalah kuliner khas Lampung yang terbuat dari batang kelapa yang masih muda dan diberi tambahan daging atau jamur. Rasa yang diberikan oleh batang kelapa ini adalah manis dan gurih apabila digigit. Untuk menciptakan rasa yang khas tak lupa ditambahkan dengan bumbu – bumbu rempah.

3. Seruit

Kuliner yang satu ini merupakan kuliner yang menggunakan ikan sebagai bahan dasarnya yang kemudian di goreng dan ditambahkan dengan sambal terasi, sambal tempoyak atau sambal mangga khas Lampung. Ikan yang digunakan untuk membuat hidangan ini adalah ikan layis, ikan baung, dan ikan balide. Hidangan seruit biasanya disajikan saat masyarakat Lampung sedang berkumpul agar bisa dinikmati bersama – sama.

4. Geguduh

Geguduh sangat cocok dijadikan sebagai kuliner penutup karena rasanya yang manis. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat kuliner ini adalah pisang yang dihaluskan lalu diberi tambahan berupa tepung terigu, susu dan selai. Geguduh memiliki bentuk yang mirip dengan donat. Pisang yang digunakan adalah Pisang Kepok.

5. Engkak Ketan

Engkak Ketan terbuat dari tepung ketan putih, gula pasir, telur dan mentega. Biasanya kue ini bisa kamu temukan saat acara hajatan pernikahan di Lampung.

6. Bejak Enjak

Kudapan ini merupakan jajanan pasar khas Lampung. Terbuat dari beras ketan, pisang raja yang sudah tua, santan dan gula, dan sekilas bentuknya mirip wajik ketan. Citarasanya yang manis dan gurih, menjadikan bejak enjak cocok disajikan bersama teh atau kopi.

Share this:

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.